- Advertisement -
Pro Legal News ID
Politik

Fadli Zon Minta Tjahjo Kumolo Mundur Sebelum Dipecat

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo

Jakarta, Pro Legal News – Kasus tercecernya 2.005 e- KTP di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur pemerintah khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo harus bertanggungjawab. Polisi masih mendalami siapa dalang di balik kasus itu.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta Tjahjo mundur dari jabatannya. “Saudara Tjahjo Kumolo sebaiknya mengundurkan diri saja. Ini nggak becus mengurus masalah e-KTP, mengurus DPT dan juga mengurus data-data kependudukan. Selama 4 tahun ini ngapain saja,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/12).

Kasus tercecernya e-KTP ini menurut Fadli bukan pertama kali dan sangat memalukan. Coba lihat di negara-negara lain, di negara yang paling terbelakang sekalipun. “Sudah kayak sampah. Berkarung-karung tercecer di berbagai tempat. Ini sangat memalukan,” tegasnya.

Karenanya  Fadli meminta Tjahjo untuk mundur saja, tidak perlu menunggu sampai dipecat. “Sistem data kependudukan harus segera dievaluasi. Ini tidak bisa dibiarkan,” tegas Fadli lagi.

Sebelumnya Tjahjo sendiri menyatakan siap dipecat jika kasus tercecernya kartu identitas ini mengganggu pendataan DPT. Nendagri Tjahjo memastikan kasus tersebut tidak akan berpengaruh terhadap sistem.

Dia mengakui masalah ini harus menjadi evaluasi total agar data kependudukan itu menuju pada single identity number, seperti di negara-negara maju. “Semuanya ada di situ dan ada proteksinya,” ujar Tjahjo. Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan