- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

Waspadai Banjir Pemprov DKI Jakarta Prioritaskan Pengerukan Waduk Dan Sungai

Jakarta, Prolegalnews – Jakarta diguyuri hujan lebat lagi, Wagub DKI Jakarta Riza Patria bersiap menghadapi banjir dengan salah satu caranya mengeruk sejumlah waduk dan sungai untuk menjadi tempat penampungan air.Pihaknya juga menyiapkan alat berat untuk melakukan pengerukan. “Kami sudah menyiapkan dan 54 ekscavator, beko dan sebagainya yang melakukan pengerukan. Ya sepanjang hari bahkan sepanjang tahun,” ujar Riza,(23/9/2020).

Waduk itu dilakukan pengerukan serta sungai guna mengangkat lumpur yang mengendap didasar air. Dengan demikian air bisa lebih banyak tertampung. “Mudah-mudahan dengan melakukan rencana ini dapat mengurangi banjir dan juga membuat terobosan serta mengatur jalan pintu air di Jakarta,” ujar Riza.

Jakarta kembali dilanda banjir saat hari selasa,(22/9/2020). Banjir ini disebabkan karena naiknya air di Bendungan Katulampa Bogor dan hujan di Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta telah melakukan upaya apapun untuk mempercepat aliran air ke laut. Salah satunya dengan mengeluarkan alat berat untuk mengangkat sampah yang menyumbat saluran pintu air Manggarai.

Selain itu, Dinas SDA DKI Jakarta gencar melakukan program grebek lumpur atau pengerukan waduk, danau, hingga sungai upaya mengantisipasi datangnya musim penghujan.

Rencananya program ini akan dilakukan secara masif, mulai dari saluran air sampai waduk. Target pengerukan ialah sekitar 7 meter dari kedalaman. Dan memiliki resapan air untuk daerah rawan banjir, diperkirakan pengerukannya akan rampung pada akhir tahun 2020.Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan