- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

Tiga Cawagub DKI Diuji Kemampuan Oleh Tim Panalis

Pimpinan DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta, dan tim panelis uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon wakil gubernur DKI saat konferensi pers di Hotel Aryaduta.

Jakarta, Pro Legal News – Tiga calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI akan berhadapan dengan tim panelis dan tokoh masyarakat. Ketiga calon orang nomor dua di Jakarta ini akan mengikuti focus group discussion (FGD). Tujuannya karena Panelis ingin melihat kemampuan ketiga calon.

Tiga cawagub ini berasal dari PKS, yakni Abdurrahman Suhaii, Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Sedang tim panelis berasal dari PKS dan Partai Gerindra.

“Iya (FGD), panelis, stakeholder dan kandidat. Minggu kan FGD tanpa kandidat. Jumat malam (8/2) dihadirkan kekandidatnya,” ujar Wakil Ketua DPD Gerindra tiga DKI Jakarta, Syarif, Kamis (7/2).

Untuk tokoh perwakilan masyarakat yang diundang diambil dari beberapa elemen masyarakat.  “Ada pengusaha, PWI, ada pelaku UMKM, PKL, pengamat tata kota, tokoh masyarakat yang diundang,” ujar Syarif.

Katanya ada lima hal yang perlu dipahami oleh calon wakil gubernur. Lima syarat ini merupakan hasil FGD antara panelis dengan beberapa tokoh masyarakat. Tes ini terkait politik anggaran atau politik APBD, serap APBD, termasuk perencanaan harus lebih matang.

Dua, pola relasi dengan DPRD. Ketiga, konflik tata ruang dan lingkungan hidup. Empat, pengentasan kemiskinan. Lima soal PKL dan masalah kampung,” sambung Syarif.

Nantinya FGD, tim panelis akan membuat penilaian terhadap tiga calon. Panelis tidak langsung merekomendasikan calon mana yang cocok direkomendasikan sebagai wakil gubernur. Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan