- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

 Kabaharkam Polri Ingatkan Anggota Polri Harus Bersifat Persuasif, Tidak Arogan

 

Jakarta, Pro Legal News – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Agus Andrianto mengingatkan anggota Polri dalam menjalankan tugas larangan warga mudik harus bersifat persuasif. Jalankan tugas sesuai protokol kesehatan, tidak arogan.

Hal itu dikatakan Kabaharkam Polri juga Kaopspus Aman Nusa II 2020 Komjen Agus di Jalarta, Rabu (22/4). Anggota Polri menurutnya harus bersikap persuasif saat melakukan larangan mudik yang sudah menjadi tradisi warga Jakarta setiap tahunnya.

Dikatan jenderal bintang tiga itu, media punya peran penting untuk menjelaskan kepada masyarakat latar belakang kebijakan non populis itu akhirnya diambil pemerintah. “Media sangat besar peranannya untuk memberikan imbauan dan edukasi pada masyarakat supaya tidak mudik,” ujar Komjen Agus.

Tujuan pemerintah melarang mudik guna mencegah penyebaran Covid 19, yang beresiko kepada diri sendiri, keluarga dan masyarakat di kampung halamannya. “Semata mata untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19,” imbuhnya.

Dalam hal ini, polis bekerja bersama TNI, Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya dalam memberlakukan instruksi presiden terkait larangan mudik.

“Kita menjalankan sesuai Protokol Kesehatan dan menjalankan instruksi tersebut secara persuasif, tidak arogan dan menerapkan cara bertindak mengembalikan siapapun yang melanggar larangan mudik itu,” tegasnya.

Dijelaskan, meski ada larangan mudik, namun tidak ada penutupan jalan tol dan jalan arteri, yang ada hanyalah penyekatan di seputar Jakarta. Ada beberapa kendaraan yang dikecualikan seperti kendaraan logistik, alat kesehatan, BBM, dan kendaraan lainnya yang menyangkut kebutuhan orang banyak.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk melakukan pelarangan mudik bagi seluruh warga negara Indonesia (WNI) pada saat Ramadan maupun Hari Raya Idul Fitri.

Jokowi meminta jajaran kementerian untuk mempersiapkan segalanya terkait pelaksanaan kebijakan pelarangan mudik bagi seluruh masyarakat. “Saya minta dilakukan persiapan-persiapan yang berkaitan dengan pelarangan mudik, mulai disiapkan,” tegas Jokowi.Tommi

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan