- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

Polda Metro Jadi Percontohan Program Menjaga Ketahanan Pangan di Masyarakat

Jakarta, Pro Legal News – Polda Metro Jaya ditunjuk Korps Bina Masyarakat Badan Pemeliharaan Keamanan (Korbinmas Baharkam) Polri sebagai proyek percontohan program menjaga ketahanan pangan di masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Dalam peluncuran program Solidaritas Sosial Bhabinkamtibmas Peduli Lingkungan di Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (29/4) Dir Bintubmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Tajuddin mengatakan, kegiatan bertujuan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman baik itu sayur-sayuran maupun tanaman semusim lainnya.

Polda Metro Jaya dipilih sebagai proyek percontohan, kalau berhasil akan diundang Direktur Binmas seluruh Polda untuk melaksanakan proyek ini. “Ini kegiatan cukup strategis,” kata Tajudin.

Program ini melibatkan tiga pilar di dalamnya, yakni anggota Bhabinkamtibmas (Polri), Babinsa (TNI) dan Lurah (Pemda). Mereka yang bergerak di masyarakat untuk membantu mensosialisasikan cara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam bibit sayuran, baik secara alami maupun hidroponik.

Dalam program ini, Korbinmas Baharkam Polri menggandeng organisasi masyarakat Forum Komunikasi Doa Bersama (FKDB) yang perhatian dalam membantu pemerintah di bidang ketahanan pangan.

Dikatakan Brigjen Tajuddin, selama masa pandemi akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas. Pandemi Covid-19 mengganggu segala sendi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi.

Keterbatasan dan kendala akibat virus corona berpotensi untuk munculnya kriminalitas di masyarakat. Penyebabnya  karena terdesak kebutuhan perut atau makan.

Melalui program ini, masyarakat diajak mandiri menyediakan kebutuhan pangannya dimulai dari rumah sendiri. Caranya lanjut Tajuddin dengan menanam aneka sayur-sayuran dengan sendirinya masyarakat bisa mencukupi kebutuhan pangannya, tidak perlu lagi harus membeli.

Dalam kegiatan ini, diserahkan bantuan 4.500 bibit tanaman sayuran dan tanaman semusim kepada perwakilan Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah dan tokoh masyarakat. Selain itu, juga disalurkan bantuan pupuk organik dari bahan batu bara yang mampu meningkatkan produksi tanaman.Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan