- Advertisement -
Pro Legal News ID
Jatim

Perbaiki Kinerja Internal Dimasa Pandemi

IPTU Nanang Kanit Regident Samsat Madiun Kota :

Madiun, Pro Legal News – Kualitas layanan di Samsat Madiun Kota meningkat secara signifikan. Untuk menelisik kiat-kiat pemningkatan layanan itu, berikut wawancara Pro Legal News dengan Kanit Regident Samsat Madiun Kota, IPTU Nanang : “Saat mengawali kepemimpinan anda beberapa bulan yang lalu, program kerja  apa yang menjadi prioritas utama dan telah anda laksanakan di Samsat ini ? Pertama yang saya jadikan prioritas adalah perbaikan dan penyegaran kinerja internal anggota  saya. Sebelum melaksanakan program yang lain”.

Bagaiamana caranya?

“Saya telah membuat program penyegaran dengan mencari penyakit yang menggerogoti mereka, hingga membuat kinerja mereka tak prosedural dan profesional lagi,bahkan mereka dalam bekerja jadi kurang bersemangat. Setelah terdeteksi penyakitnya maka saya langsung beri pengobatan serta terapi, tak lupa saya suntikan vitamin agar mereka benar-benar sehat disemua bidang”.

Kenapa program penyegaran ini anda jadikan prioritas utama?

“Kita ini adalah pelayan bagi masyarakat, karena itu masyarakat akan benar-benar percaya pada kinerja pelayanan bila diri kita sendiri telah bekerja dengan benar.Sehingga menumbuhkan rasa simpati dan citra opini yang baik pula dimata masyarakat. Jadi kedalam kita benahi dulu kinerja internal, setelah beres baru melakukan perbaikan kemasyarakat. Dengan bentuk sosialisasi atau himbauan tentang tata cara yang tertib dan benar dalam melaksanakan pembayaran pajak kendaraan dikantor Samsat. Sehingga tidak ada lagi keluhan dari masyarakat selaku wajib pajak yang merasa dirugikan dalam pelayanan. Apalagi dimasa Pandemi ini, mau ke Samsat saja enggan, takut terpapar Covid 19”.

Selain itu program apalagi yang telah anda jalankan selama ini?

“Saat ini begitu tingginya tuntutan masyarakat terhadap akan profesionalisme dalam pelayanan publik, maka saya akan terus berupaya untuk mewujudkanya. Salah satunya dengan pembentukan sumber daya manusianya, tidak hanya pada kemampuan fisik dan akademis saja, namun ditunjang pula dengan pembinaan akhlak dan sisi spiritualnya”.

Mengapa, Apa sekarang tingkat keimanan anggota anda sangat rendah?

“Bukan soal itu, yang pasti siapapun orangnya jika senantiasa digembleng dan ditingkatkan pembinaan akhlak dan sisi spiritualnya pasti pembawaanya terasa damai serta menyejukan. Jadi tak ada lagi arogansi. Dan hasilnya cukup efektif kan?, tingkat pelanggaran  serta kesalahan yang dilakukan oleh anggota saya pada saat ini terbilang sangat rendah, bahkan hampir tidak ada”.

Kedepan mungkin anda punya strategi atau program lain?

“Sejenak Kanit Regident murah senyum ini terdiam sambil mengernyitkan dahi,lantas berkata ; Ya, untuk kedepan saya akan selalu melaksanakan evaluasi pada masing-masing loket anggota saya, baik yang berada dikantor Samsat induk maupun dilayanan Unggulan. Saya akan lihat apakah anggota yang berada disana sudah menjalankan tugasnya dengan benar,demi pelayanan pada masyarakat. Atau mungkin malah sebaliknya,merendahkan diri dengan perbuatan yang tidak semestinya. Karena pada prinsipnya sekali lagi saya tekankan pada mereka untuk mengutamakan dulu pelayanan pada masyarakat. Mereka dalam pelayanan saya minta untuk bersikap ramah serta tak mempersulit wajib pajak . Jika tetap bandel serta perbuatanya merugikan masyarakat, maka saya tak segan untuk bertindak tegas  memberikan hukuman. Karena ini sesuai juga dengan petunjuk, Pak Kapolres dan Pak Kasat selaku pembimbing kami”.

Himbauan untuk masyarakat?

“Saya berharap marilah kita semua memanfaatkan segala kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan dengan berbagai inovasi layanan yang telah tersedia. Apalagi dimasa Pandemi ini  kita telah memberikan kemudahan dalam pelayanan, baik itu di Samsat maupun di Satpas”. (djoko )

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan