- Advertisement -
Pro Legal News ID
Jabar

Ditengah Pandemi Cianjur Kini Mulai Muncul Penyakit DBD

Cianjur, Prolegalnews – Ditengah pandemi Covid -19 ini, di Cianjur mulai muncul penyakit demam berdarah. Hingga saat ini tercatat enam orang pasien yang terpapar Demam Berdarah Dengue (DBD). Menurut keterangan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur,  beberapa pasien itu meninggal dunia, korban yang terpapar DBD itu diantaranya merupakan anak-anak.

Berdasarkan keterangan bahwa pasien DBD yang meninggal ini dibawa ke layanan kesehatan dalam kondisi sangat parah. “Kalau begitu ada gejala langsung dibawa ke rumah sakit, biasanya cepat sembuh,” ujar Yusman Faisal Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Cianjur,“Angka kematian akibat DBD di tahun ini sudah hampir menyamai jumlah kematian di 2019” Katanya.

Hingga Agustus 2020 tercatat sudah 210 orang. Jumlah itu masih di bawah tahun lalu yang mencapai 643 orang.

Dinkes hanya menetapkan status harus siaga, dengan jumlah tersebut. “Jadi meskipun jumlah pasien yang meninggal sudah mendekati jumlah tahun lalu, untuk secara kasus keseluruhan masih di bawah. Sehingga belum ditetapkan KLB,” ujarnya.

Meski begitu Dinkes bakal kembali berfokus pada penanganan DBD, terlebih di peralihan musim. Sebab penambahan kasus kerap terjadi di periode tersebut. “Kita memang sedang berusaha penanganan Covid-19, tetapi DBD ini tidak bisa diabaikan pula. Karena risiko kematiannya juga cukup tinggi. Makanya kami akan gencarkan lagi sosialisasi pola hidup bersih dan sehat serta gerakan 3M plus,” ujarnya.

Kesiap siagaan bagi warga kabupaten cianjur untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan dari serangan nyamuk.Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan