- Advertisement -
Pro Legal News ID
Opini

Bangkit Bediri dan Melangkah

Jakarta, Pro Legal – Sadar dan mampu bangkit berdiri lalu melangkah menunjukkan sehat tidak malas, tidak juga pasif tentu yang pasti tidak stroke. Kesadaran dalam berbangsa dan bernegara memerlukan kesadaran tanggungjawab dan disiplin.

Bangsa yang merdeka bercita-cita mensejahterakan rakyatnya, memajukan bangsanya berdaya tahan berdaulat dan diselenggarakan dalam keadilan sosial. Para bapak bangsa telah merintis menunjukkan kesadarannya kegigihan keberaniannya mendirikan bangsa ini.

Mereka mampu mengatasi perbedaan dan menyatukan kepentingan dan bahkan rela berkorban. Lawan dan usir penjajah. Memerdekakan bangsa ini dari penjajah.

Pekik merdeka terus berkumandang hingga mampu diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno-Hatta yang menjadi wakil atau atas nama bangsa Indonesia. Para bapak bangsa sadar benar apa dan siapa yang ada di dalamnya.

Amanat konstitusi yang salah satunya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Makna di balik kalimat itu tentu sangat dalam, mendasar sebagai pilar dan ruh agar bangsa ini tetap ada.

Musuh bangsa ini paska penjajahan adalah kebodohan dan keserakahan dari sesama anak bangsa. Bagai tubuh yang dilawan jantung paruparu dan hatinya sendiri, sehebat apapun dia akan hancur bahkan mati.

Kebangkitan nasional diperingati agar bangkitnya hati jiwa dan ruh patriot agar terus menginspirasi dan menggelora ke seluruh lini kehidupan para anak bangsa. Jiwa kepahlawanan ini yang menjadi tegar teguh tahan banting dan gigihnya bangsa ini untuk tetap ada dan lestari sepanjang sejarah.

Konflik dan pontensi konflik terus menerus menggerus. Kekuatan jiwa yang sadar bangkit berdiri melangkah untuk sadar waras agar jangan terus dibodoh-bodohin diadu domba dan diberdayakan karena ketololan ego serta keserakahannya.

Hidupnya suatu bangsa yang bangkit adalah bangsa yang berdaulat berdaya tahan berdaya saing yang mampu memberdayakan semua elemen dan potensi anak bangsa yang dimilikinya. Rukun agawe santosa.

Bhineka Tunggal Ika, mampu menerima memahami dan menghayati serta membanggakan perbedaan sebagai kekayaan dan kebanggaan. Kedigdayaan bangsa yang bangkit ditunjukkan dengan rukun mampu menyelesaikan konflik secara beradab.

Politik waras dengan adil bijaksana dan mensejahterakan. Ketulusan kesadaran tanggungjawab secara sosial maupun pribadi merupakan wujud karakter bangsa yang bangkit sehat waras.

Untuk menjadikan bangsanya terhormat bermartabat berdaya tahan berdaulat dan rakyatnya cerdas bekerja keras makmur sejahtera. Mampu mengobati penyakit gila korupsi birokrasi pemalak rumongso biso ora biso rumongso jumawa bakulan kewenangan jabatan dum duman keluasaan sudah tidak jaman lagi.

Saatnya mafia di semua lini gulung tikar dan tidak lagi membodohi atas nama apa saja. Selamat hari kebangkitan nasional 20 mei 2020. Di masa sulit berjuang mengatasi pandemi covid 19. O DR Chrysnanda DL

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan