- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Helikopter TNI Jatuh di Ciwidey, Semua Crew Selamat

Helikopter TNI jatuh di Ciwidey (rep)

Jakarta, Pro Legal- Helikopter  latih milik TNI Angkatan Darat (TNI AD) jatuh di kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat pada Minggu (28/5).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari membenarkan terjadinya peristiwa itu. Dia menjelaskan helikopter berjenis BEL 412 itu mengalami kecelakaan pada pukul 13.30 WIB. “Kecelakaan helikopter jenis BEL 412 milik TNI AD di Kampung Bayongbong, Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali dalam rangka mendukung latihan Yonif 300 R/ BJW,” ujar Hamim lewat keterangan tertulis.

Dalam peristiwa itu, semua crew helikopter disebut selamat mengalami luka-luka benturan dan sudah dievakuasi ke RS Dustira, Cimahi guna mendapatkan pengobatan dan perawatan.

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo juga membenarkan peristiwa helikopter latih terjatuh tersebut. Dia menyebut semua kru helikopter latih itu dikabarkan selamat. Selain itu, pihaknya juga telah meninjau lokasi kecelakaan. “Informasinya, semua kru bisa selamat, terselamatkan,” ujar Kusworo, Minggu (28/5).

Menindaklanjuti  kecelakaan itu TNI AD telah mengirim tim untuk menginvestigasi peristiwa kecelakaan tersebut. “Kronologi dan penyebab jatuhnya heli hingga saat ini masih dalam penyelidikan oleh pihak berwenang, dan TNI AD telah mengirimkan tim investigasi untuk menangani kasus kecelakaan heli tersebut,” ujar Hamim Tohari melalui keterangan tertulis.

Helikopter itu  mengalami kecelakaan saat digunakan mendukung latihan pratugas Batalyon Infanteri 300/BJW. Heli tersebut diperkirakan jatuh sekitar pukul 13.30 WIB hingga kemudian terbakar.

Hamim menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa, baik dari prajurit TNI AD yang melaksanakan latihan, maupun dari masyarakat sekitar akibat peristiwa ini.

Dia menjelaskan  jika crew helikopter yang berjumlah lima orang dalam kondisi selamat tapi mengalami luka-luka akibat benturan. Seluruh korban luka telah dievakuasi ke RS Dustira, Cimahi untuk mendapatkan penanganan medis. “Helikopter milik TNI AD tersebut dioperasionalkan oleh Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) dalam latihan pra-tugas, baik dalam mobilisasi udara maupun dukungan logistik,” jelasnya.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan