- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Kapolri : Ribuan Pamen Antri Untuk Kebagian Pangkat Pati

Kapolri Jendral Pol Tito Karnivian saat melantik Irjen Muhammad Iriawan sebagai Asisten Operasi Kapolri di Rupatama

Jakarta, Pro Legal News – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, ada ribuan Pamen (Perwira Menengah) yang ‘ngantri’ pangkat menjadi Pati (Perwira Tinggi) di Mabes Polri. “Jumlah Pamen ada ribuan, yang antri menjadi Pati berpangkat Brigjen,” ujar Tito Karnavian saat rilis akhir tahun 2018 di Mabes Polri, Kamis (27/12).

Menurut Tito, dibutuhkan keseriusan untuk memikiran dari jumlah 16.135 Pamen yang hendak meningkat menjadi Pati. Kalau pergantian Pati dari segi pensiun, pertahun hanya ada sekitar 20 Pati. “Kalau dari segi iklim kompetitif, Pamen yang sekolah Sespemti dan Lemhannas ada sekitar 400 Kombes,” ujarnya.

Untuk penempatan posisi Irjen dan Brigjen,  Kapolri pada tahun 2018 meningkatkan tipologi Polda dari tipe B ke Tipe A. “Pada tahun 2018 ada 6 Polda tipe B menjadi tipe A yaitu Jambi, Kalsel, Kalteng, NTB, Banten dan DIY,” terangnya.

Pada saat ini, jumlah Polda ada 34 dab ada satu Polda tipe A Khusus yaitu Polda Metro Jaya. Ada 24 Polda tipe A dan 9 Polda tipe B. “Rencana pada 2019, ada tindak lanjut usulan peningkatan 3 Polda tipe B menjadi tipe A. Polda Bengkulu, Sulteng dan Sutra,” ucapnya.

Untuk penguatan organisasi, rencana pada 2019 mengusulkan pembentukan Polres baru, peningkatan tipe Polres, peningkatan tipe Polsek, peningkatan Polsubsektor menjadi Polsek dan pembentukan Polsubsektor baru sesuai analisis kebutuhan. Rico

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan