- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Untuk Amankan Presidensi G20, 547 Personel Gabungan Dikerahkan

Personil aparat gabungan dikerahkan untuk amankan Presidensi G20 (rep)

Jakarta, Pro Legal News– Setidaknya  547 personel gabungan  dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya  serta Pemprov DKI Jakarta  dikerahkan  untuk mengamankan  pelaksanaan Presidensi G20 di Jakarta pada Selasa (15/2) sampai Jumat (18/2).

Para personel itu ditempatkan di 26 objek pengamanan seperti di JCC Senayan, Hotel Fairmont, Hotel Mulia, Hotel Sultan dan beberapa lokasi lainnya.

Kegiatan ini akan diikuti oleh 20 negara anggota G20 dan sejumlah organisasi internasional dengan mengusung tema ‘Recover Stronger, Recover Together’. “Guna mendukung berjalannya kegiatan tersebut pada hari ini Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta menggelar pengamanan Presidensi G-20 Finance Meeting 2022, yang melibatkan pengamanan 547 personel Polri dan TNI serta Pemda,” ujar Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo saat membacakan amanat Kapolda Metro Jaya dalam apel pengamanan di Polda Metro Jaya, Senin (14/2).

Menurut Hendro, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meminta kepada seluruh personel untuk melakukan tugas pengamanan secara baik dan penuh rasa tanggung jawab. Seluruh personel diharapkan juga tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebab, saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. “Perhatikan attitude anggota di lapangan pada saat pengamanan, tetap jaga sopan santun, laksanakan dengan profesional,” ujarnya.

Sementara Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi, Sudarto menjelaskan jika Presiden G20 akan dihadiri oleh 106 delegasi. Ada 340 delegasi lainnya yang mengikuti secara virtual.
Sudarto menuturkan pihaknya berharap agar masyarakat Indonesia bisa turut ikut mensukseskan gelaran Presidensi G20 ini. “Kita sebagai bangsa sadar akan kegiatan tersebut dan bisa jadi tuan rumah yang baik, jadi kita akan bisa sukses substansi atau isu-isu keinginan Indonesia bisa wujudkan dunia lewat G20 dan sukses dalam penyelenggaraan yang tunjukkan kita adalah bangsa yang ramah bangsa kuat dan bersahabat,” tuturnya.

Seperti diketahui  Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Presidensi G20 pada tahun ini. Indonesia secara resmi memegang Presidensi G20 sejak 1 Desember 2021 hingga KTT G20 pada November 2022 mendatang. G20 merupakan forum internasional yang diselenggarakan setiap tahun. Forum ini mempertemukan anggota kepala negara terpilih untuk membahas isu-isu di bidang perekonomian.

Presidensi G20 Indonesia akan mengusung tiga isu utama, yakni transisi energi berkelanjutan, sistem kesehatan dunia, serta transformasi ekonomi dan digital. (Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan