- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

UBK Bantu Tingkatkan Kemampuan Perangkat Desa

 

Jakarta, Pro Legal News – Telah dilaksanakan penandatanganan Kerjasama antara Universitas Bung Karno (UBK) dan Persatuan Rakyat Nusantara (Parade Nusantara), oleh Rektor UBK (Bp. Dr. Didik Suhariyanto, S.H., M.H.) dan Ketua Umum Parade Nusantara (Bp. H. Sudir Santoso, S.H., M.H.) Pada hari Jumat, 3 September 2021.

Penandatanganan tersebut disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno (Bp. M. Marhaendraputra, S.H., M.H.) dan Bendahara YPS (Ibu Michelle H., S.Psi., M.H.), turut hadir Wakil Rektor 3 (Bp. Rinaldi Agusta, S.H., M.H.).

Pokok kerjasama ini adalah: Parade Nusantara akan mengerahkan perangkat desa dan masyarakat desa di Indonesia untuk mengikuti pendidikan di UBK disetiap program studi (prodi S1 maupun S2).

Perangkat dan masyarakat desa di Indonesia diharapkan mampu memiliki pengetahuan sesuai prodi yang tersedia di UBK, seperti:

Prodi Ilmu Politik dengan harapan perangkat desa (termasuk masyarakat desanya) memahami sistem politik maupun pengetahuan dibidang politik agar dapat mengelola administrasi pemerintahan dengan baik, maupun prodi ilmu komunikasi guna meningkatkan kemampuan komunikasi politik.

Guna meningkatkan kemampuan manajemen keuangan desa dapat mengikuti prodi manajemen maupun akuntansi.

Begitu juga untuk meningkatkan kemampuan dibidang digitalisasi bisa mengambil prodi sistem komputer maupun prodi sistem informatika.

Bahkan untuk bidang pembangunan sarana dan prasarana desa dapat mengikuti prodi teknik sipil, arsitek, elektro atau mesin.

Dan tentu saja penguasaan hukum sangat diperlukan bagi perangkat desa maupun masyarakat desa. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti prodi Ilmu Hukum.

Bahkan untuk meningkatkan kemampuan lanjutan, dapat mengikuti prodi magister hukum.

Dalam kerjasama ini juga, diharapkan adanya peningkatan wawasan kebangsaan yang akan dilakukan melalui pemahaman akan Ajaran Bung Karno (sebagai matakuliah muatan lokal UBK), sehingga mampu meningkatkan semangat nasionalisme dan wawasan kebangsaan secara utuh.

Semoga semua bisa terwujud, dan segenap sivitas akademika UBK siap menyambut dan juga mampu melaksanakan dengan memberikan pelayanan pendidikan dengan sangat baik.Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan