- Advertisement -
Pro Legal News ID
Opini

TRILOGY SUMPAH PEMUDA

Bahwa Trilogy Sumpah Pemuda, telah berkumandang tanggal 28 Oktober 1928, tercetus jauh hari sebelum proklamasi hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, dan diperkirakanTrilogy Sumpah Pemuda ini menjadi pemicu lahirnya semangat Persatuan Bangsa Indonesia Bangsa Indonesia,dengan konsep Bhineka Tunggal Ika.

Pada tanggal28 Oktober setiap tahunnya, Bangsa Indonesia selalu merayakan HariTrilogy SumpahPemuda.

Adapun isi teksTrilogy Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

  1. “Kami Putra danPutri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia.”
  2. “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.”
  3. “Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, BahasaIndonesia.”

Bahwa isi teks Trilogy Sumpah Pemuda, yang dikumandangkan pada tanggal 28 Oktober 1928 ini sungguh sangat bagus, karena bermakna Persatuan & Kesatuan didalam Keberagaman Suku, Adat, Agama, Golongan Dan Bahasa, yaitu : Tanah Air Yang Satu, Bangsa Yang Satu Dan Bahasa Yang Satu yaitu “INDONESIA”

Bahwa tanggal 28 Oktober 2020, kita peringati sebagai Hari Sumpah Pemuda yang ke-92 kalinya, yakni memperingati Ikrar Bertanah Air Satu, Berbangsa Satu, Berbahasa Satu: Indonesia.

Bahwa Sumpah Pemuda dideklarasikan dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928, setelah sebelumnya telah dilakukan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia  sekarang bernama Jakarta Raya.

Bahwa pada Kongres Pemuda I atau Kerapatan Besar Pemuda dihadiri oleh perwakilan dari perhimpunan pemuda/pemu diantara lain : Jong Bataks Bond, Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Studerenden Minahasaers, Pemuda KaumTheosofi, Dan Lain-Lain.

Adapun Tujuan Kongres Pemuda, adalah menciptakan & membina perkumpulan pemuda yang tunggal “Pemuda Indonesia”,yaitu menyatukan pemuda kebangsaan di tanah air Indonesia agar : Satu Visi, Misi dalam agenda dan kerangka Persatuan Pemuda Tanah Air.

Bercikal bakal dari Kongres PemudaI, maka diadakan lagi Kongres Pemuda II yang dilangsungkan selama dua hari pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia “Jakarta Raya”.

Pada hari pertama 27 Oktober 1928, kongres Pemuda menempati Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sedangkan kongres di hari kedua diadakan di Gedung Oost Java di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Adapun Tujuan Kongres Pemuda II adalah:

  1. Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia,
  2. Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia; serta
  3. Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Adapun kongres ini diikuti oleh lebih banyak peserta dari kongres pertama, Antar lain peserta kongres berasal dari: “Jong Bataks Bond, PerhimpunanPelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond,  Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Katholikee Jongelingen Bond, Pemuda Kaum Betawi, Sekar Rukun, pemuda kaumTionghoa di Indonesia”.

Pada kongres kedua inilah tercetuslah Idedan/atau gagasan Trilogy Sumpah Pemuda yaitu  :

  1. “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia.”
  2. “Kami Putra danPutri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.”
  3. “Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”

Berdasarkan paparan dan uraian tersebut diatas, diminta kepada para pemuda NKRI bersatulah, janganlagi adapengkotak-kotakan diantara perbedaan Suku, Agama, Rasd an Adat dan Antar Golongan.

Sementera kepada Politisi dan Pejabat Pemerintah, Stop Mahar Politik, Stop mempolitisasi Suku, Agama, Ras dan Adat dan Antar Golongan untuk mencapai kepentingan Politik Praktis dan Stop Korupsi, Kolusi, PenggelapanPajak/Retribusidan Money Politic’s.

Demikian juga kepada Pemerintahan Jokowi, agar segera mencabut Peraturan BersamaMenteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9 Tahun 2006 dan No. 8 Tahun 2006 “PB2M / SKB 2 Menteri” karena terbukti tidak sesuai denganTrilogy Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928dan juga tidak sesuai dengan semangat Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Untuk itu, Kami Partai Demokrasi Rakyat Indonesia “PDRIS” mengucapkan “Selamat Hari Lahir Trilogy Sumpah Pemuda Indonesia yang Ke-92, Terhitung Dari 28 Oktober 1928 sampai dengan 28 Oktober 2020”, semoga semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia tetap berkumandang dari Sabang hingga Merauke, dan dari Kepulauan Mianas hingga Kepulauan Rote, terutama bergelora dalam hati & sanubari kita masing-masing !

 

Demikian_Horas.

 

Kamaruddin Simanjuntak,S.H.

Ketum PDRIS.

 

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan