- Advertisement -
Pro Legal News ID
Hukum

Tim Khusus KPK Tangani Skandal Bank Century

Jakarta, Pro Legal News – Penanganan  skandal Bank Century yang sempat hilang dari penberitaan nedia massa sepertinya kini akan bergulir kembaki. Saat ini ada tim khusus yang sudah dibentuk KPK untum menangani kasus tersebut.

Pihak KPK masih mengidentifikasi peran-peran sejumlah pihak yang diduga terkait dalam kasus ini. “Tim khusus sudah dibentuk untuk kasus Bank Century ini,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK Jakarta Selatan, Rabu (19/9).

Sejauh ini belum dijelaskan apa saja yang bakal dilakukan tim khusus tersebut. Terkait data-data seperti unsur melawan hukum sudah dibuktikan di persidangan.

Sekarang pihak KPK tinggal memilah perbuatan dari masing-masing orang. Dugaan ada sejumlah pihak yang diduga bersama-sama sehingga .

Perbuatan masing-masing harus diidentifikasi lebih clear untuk melihat pertanggungjawaban pidana mereka sejauh mana terlibatannya.

Hakim praperadilan sebelumnya dalam putusannya menerima sebagian permohonan gugatan MAKI pada Senin (9/4). Hakim praperadilan memerintahkan KPK menetapkan tersangka baru, yakni sejumlah nama eks pejabat Bank Indonesia, termasuk Boediono.

Sementara itu, Budi Mulya dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dihukum 10 tahun penjara. Dia dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam proses pemberian FPJP dan penentuan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Majelis hakim menilai perbuatan Budi Mulya dan sejumlah orang lainnya telah merugikan keuangan negara Rp 689,894 miliar. Ini terkait pemberian FPJP dan penyertaan modal sementara (PMS) dua tahap, yakni Rp 6,7 triliun dan Rp 1,250 triliun.

Jumlah  total dana yang digelontorkan untuk penyelamatan Century mencapai Rp 8,012 triliun. Sedangkan di tingkat kasasi, Budi Mulya diperberat hukumannya menjadi 15 tahun penjara oleh Mahkamah Agung. tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan