- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Seluruh Asrama Haji di Tanah Air Siap Dijadikan RS Darurat Corona

Jakarta, Pro Legal News – Seluruh asrama haji di Indonesia untuk dimanfaatkan sebagai rumah sakit penanganan wabah virus corona atau Covid-19. Tawaran ini disampaikan Menteri Agama (Menag) di tengah keterbatasan fasilitas medis, terutama rumah sakit dalam menangani dan menampung korban wabah corona.

“Kami sudah mencoba menawarkan semua asrama haji yang ada di Indonesia bisa digunakan, kapan pun diinginkan untuk penanganan virus corona,” kata Menag Fachrul Razi dalam keterangannya, Sabtu (28/3).

Pihak Kemenag menurut Fachrul juga tawarkan kepada pemerintah daerah maupun Satgas Covid-19 untuk mencadangkan asrama haji sebagai salah satu alternatif untuk rumah sakit Covid-19.

Sebelumnya Menag telah meminjamkan gedung utama Asrama Haji Pondok Gede pada 22 Maret 2020 untuk digunakan sebagai fasilitas penanganan corona. Ada 70 kamar yang bisa digunakan untuk merawat pasien dalam pemantauan (PDP), yang belum dipastikan positif Covid-19.

“Kalau sudah dipastikan positif, kita kirim ke rumah sakit rujukan,” ujarnya. Menag Fachrul juga menyerahkan bantuan sebesar Rp 3 miliar dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Selain unsur Kemenag, Gugus Tugas ini juga beranggotakan perwakilan BPKH, Baznas, dan BWI. Kementerian Agama juga telah melakukan realokasi anggaran untuk membantu penanganan wabah Covid-19.

Lebih dari Rp300 miliar anggaran sudah dihimpun dari sejumlah pos perjalanan dinas luar negeri, dalam negeri dan kegiatan biasa. Saat ini, dalam proses revisi untuk digunakan pada program prioritas penanganan wabah Covid-19.Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan