- Advertisement -
Pro Legal News ID
Pendidikan

‘Sarapan Pagi’, Dengan Nutrisi Ilmu Hukum Di UBK

Oleh : Gugus Elmo Ra’is

Jakarta, Pro Legal News  –  Civitas akademika di Fakultas Hukum Universitas Bung Karno semakin bergairah dengan terobosan yang dilakukan oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Hukum, Dr Azmi Syahputra SH,MH berupa kajian kajian hukum di students day. Acara ini diadakan setiap hari Selasa pagi jam 07.00 sd 09.00  WIB dengan tema hukum kekinian atau masalah hukum aktual di tanah air. Mahasiswa yang hadir diacara ini mempergunakan seragam batik dipandu oleh para dosen yang mana selasa ini (16/10) dengan nara sumber Azmi Syahputra yang sekaligus penggagas kegiatan ini.

Kegiatan students day ini untuk menambah nutrisi ilmu hukum mahasiswa. Dengan program ini diharapkan mahasiswa dapat objektif dan berpikir rasional serta solutif atas perkembangan perubahan masyarakat yang semakin cepat. Program ini merupakan salah satu cara mengaktualisasikan diri setiap pembelajar hukum terhadap dinamika sosial yang terjadi di masyarakat. Setiap mahasiswa  harus terus menggali petistiwa hukum yang terjadi serta fokus pada solusi, hal apa yang harus diambil sebagi pembelajar hukum.

Dalam acara yang digelar, Selasa (16/10) itu tema yang dibahas adalah peta arah penegakan hukum Indonesia dengan menggunakan teori efektivitas hukum Soejono Soekamto. Mahasiswa sebagai pembelajar hukum diajak menganalisis serta mempetakan mengapa sulit menegakkan hukum di Indonesia, maka disisirlah persoalan faktor faktor penegakan hukum, dari sini diketahui dimana kelemahan dan hambatan serta solusi apa yang harus dilakukan.

Ditempat terpisah Dekan Fak hukum UBK, Drs Daniel Panda MH menyatakan sangat mendukung kegiatan  yang sudah berlangsung hampir 2 tahun itu. Menurutnya Fakultas Hukum UBK terus meningkatkan proses belajar mengajar demi meningkatkan kualitas serta dalam mendukung Tri Darna Perguruan Tinggi. Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan