- Advertisement -
Pro Legal News ID
Jawa Timur

Samsat Surabaya Timur Konsisten Berikan Pelayanan Prima

AKP. MALA bersama anggota antisipasi calo dipintu keluar Samsat, ditemani Pro Legal

Jatim, Pro Legal News – AKP. Mala Darlius Nanda Kurniawan, SH.,M.Hum. Paur Samsat Surabaya Timur, menegaskan bahwa Samsat Surabaya Timur secara konsisten terus berupaya membenahi kinerja pelayananya pada masyarakat. Tentunya dengan terus berinovasi serta melaksanakan penertiban pada semua unit layanan yang ada di Samsat Surabaya Timur, atau biasa dikenal masyarakat dengan sebutan Samsat Manyar.

AKP.Mala Darlius Nanda Kurniawan atau yang lebih akrab disapa Mala, dilingkungan kerjanya. Beberapa waktu yang lalu menyampaikan bahwa kini banyak perubahan pelayanan yang jauh lebih baik pada loket-loket layanan di Kantor Bersama Samsat Surabaya Timur.

Mala bersama jajaran dan instansi terkait terus berupaya untuk melakukan pembenahan dan perbaikan mutu pelayanan pada Kantor Bersama Samsat  Surabaya Timur yang berada di Jalan Manyar Kertoarjo No.1 Surabaya ini. Tentunya guna memberikan kenyamanan serta kecepatan waktu pelayanan pada wajib pajak. Selain melakukan berbagai  inovasi di Kantor  Samsat  Surabaya Timur, Mala dan anggotanya  juga giat melakukan penertiban pada para calo nakal  yang berkeliaran dikantor Samsat. Penertiban ini selain dilakukan oleh anggota Satlantas juga dibantu oleh Satuan Provost dari Poda Jatim.

“Kita terus meminimalisir ruang gerak para calo dikantor layanan Samsat ini, tindakan tegas ini akan terus menerus kita laksanakan guna memberikan rasa nyaman serta keamanan bagi para wajib pajak.” tegas perwira dengan tiga balok dipundak ini.

Dalam pelaksanaan operasi penertiban Mala dan jajaranya juga bersikap humanis, tidak asal main tangkap. Para calo yang ditertibkan ini mereka yang tetap membandel dan mencari mangsa didalam areal kantor layanan Samsat Surabaya Timur.

“Mereka para calo yang bandel ini dan biasa mencari korbanya disekitar halaman, ruang tunggu maupun teras kantor layanan Samsat langsung kita tertibkan, bilamana ada unsur pelanggaran hukumnya maka segera kita proses sesuai hukum yang berlaku. Hal ini untuk memberikan efek jera pada mereka.” tegas Mala.

Terpisah  salah seorang wajib pajak bernama  Wiwid  warga Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng, mengaku jika dirinya pernah ditipu oleh calo nakal, uang untuk pembayaran pajak kendaraanya diembat  dan dibawah lari. Sial memang dan sampai saat ini calo nakal itu sudah tak nampak lagi batang hidungnya.  Lain pula cerita Cik Liang, warga keturunan tionghwa yang bertempat tinggal di Jalan Manyar Kertoadi, pernah merasa sangat takut dengan sikap calo nakal yang sangat agresif.

“Sebulan lalu waktu saya datang ke kantor Samsat ini, orang-orang itu (para calo) terus ngikuti saya dan maksa surat-surat  dalam map diminta buat diuruskan mereka, untung ada petugas datang usir mereka.” tutur Cik Liang, sambil menghela nafas lega.

Dan saat ini selain dua orang wajib pajak tersebut, beberapa orang wajib pajak yang lain kini merasa sangat aman dan nyaman dengan pelayanan yang ada di Kantor Bersama Samsat Surabaya Timur. Karena semenjak ada pengawasan dari petugas layanan bersama Provost  aksi calo liar berangsur reda. Bahkan sekarang dikantor layanan Samsat ini telah memberlakukan tanda pengenal bagi pengunjung  yang datang dan masuk kedalam areal kantor pelayanan Samsat.  Selain itu dikantor layanan Samsat Surabaya Timur juga  telah menyediakan layanan telpon pengaduan, guna menjawab keluhan masyarakat bila mereka merasa dirugikan oleh para calo nakal ataupun ulah nakal oknum petugas yang merangkap jadi calo.

Tidak hanya gencar membrangus praktek calo liar, Kantor Layanan Samsat Surabaya Timur  juga terus berbenah meningkatkan kenyamanan fasilitas. Baik sarana dan prasarana  yang dimiliki. Serta menata sumber daya manusianya agar petugas pelayanan senantiasa humanis, ramah dan profesional. Bahkan saat ini renovasi gedung Mushollah sebagai sarana ibadah tengah dilaksanakan. Menurut Mala, renovasi gedung Mushollah ini tentunya untuk memberikan kenyamanan pada para wajib pajak ataupun masyarakat disekitar kantor layanan Samsat, sehingga bisa lebih khusyuk dalam menunaikan ibadahnya.

“Semua upaya ini kami berikan agar masyarakat merasa puas terlayani dengan baik, kinerja kita tingkatkan sesuai petunjuk pimpinan dan bahkan sebisa mungkin keluhan dan komplain dari masyarakat sudah tidak ada lagi. Dengan begitu akan terwujud secara nyata bentuk pelayanan yang prima.” tutur Mala yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Sampang. djoko

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan