- Advertisement -
Pro Legal News ID
Tipikor

Rumah dan Kantor Bupati Kapuas Digeledah KPK

Tim penyidik KPK geledah Kantor Bupati Kapuas (rep)

Jakarta, Pro Legal – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lakukan penggeledahan rumah pribadi dan kantor Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat terkait kasus dugaan korupsi pemotongan anggaran yang seolah-olah dianggap utang dan suap.

Tindakan penggeledahan itu dilakukan tim penyidik KPK pada Selasa (28/3).”Tim penyidik telah selesai melakukan penggeledahan di dua lokasi berbeda yang ada di Kabupaten Kapuas, Kalteng. Lokasi dimaksud yaitu rumah kediaman pribadi tersangka BBSB [Ben Brahim] dan kantor Bupati Kapuas,” ujar Ali Fikri, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Rabu (29/3).

Menurut Ali tim penyidik menemukan dan mengamankan sejumlah barang bukti berupa dokumen-dokumen yang dapat menerangkan dugaan perbuatan tersangka. “Penyitaan dan analisis segera dilakukan dan akan dikonfirmasi pada para saksi yang dipanggil oleh tim penyidik,” ujarnya.

Seperti diketahui KPK memproses hukum Ben Brahim dan anggota DPR Fraksi NasDem sekaligus istrinya Ary Egahni Ben Bahat dalam kasus dugaan korupsi pemotongan anggaran yang seolah-olah dianggap utang dan suap.

Kedua tersangka diduga menerima uang sebesar Rp 8,7 miliar. Uang itu diperuntukkan diantaranya untuk operasional pemilihan calon Bupati Kapuas dan Gubernur Kalteng termasuk pemilihan anggota legislatif yang diikuti Ary tahun 2019. Uang juga diperuntukkan untuk membayar dua lembaga survei nasional.

Saat ini Ben dan Ary sudah ditahan KPK selama 20 hari pertama terhitung mulai 28 Maret hingga 16 April 2023 di Rutan Gedung Merah Putih KPK.

Mereka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf f dan Pasal 11 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan