- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Ridwan Kamil Siapkan Jalur Truk Tambang, Telah Banyak Telan Korban Jiwa

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (rep)

Jakarta, Pro Legal – Dalam unggahan di media sosialnya  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil mengakui banyak nyawa yang melayang akibat kecelakaan truk tambang selama beberapa belas tahun terakhir di sekitar Parung Panjang  sampai Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Maka Emil berencana membuatkan jalur khusus truk tambang untuk mengurangi angka kecelakaan. “Puluhan nyawa melayang, selama belasan tahun, karena terjadinya kecelakaan truk tambang pengangkutan batu dengan kendaraan masyarakat di dalam umum,”  ujar Emil dalam unggahannya di instagram, Selasa (30/5).

“Solusinya diputuskan membangun jalan khusus truk tambang,” jelasnya.

Emil menyebut proses untuk sampai pada keputusan membuat jalur khusus tambang tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus dia lakukan dan kompromikan dengan sejumlah pihak terkait, termasuk masyarakat. “Prosesnya tidak mudah karena membutuhkan koordinasi teknis, survei rute, perizinan dan negosiasi sosial dengan masyarakat yang luar biasa panjang,” paparnya.

Emil pun mengatakan jalur khusus tambang itu rencananya akan dibuat sepanjang 11,6 KM. Jalur itu juga disebut akan terhubung dengan Jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) 3. “Pembangunan infrastruktur jalan tambang akan terkoneksi dengan rencana pembangunan jalan tol JORR 3,” ujarnya.(Tim)

 

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan