- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

RI Dan Perancis, Jajaki Lanjutan Kerja Sama Pertahanan

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Perancis Jean-Yves Le Drian di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Jakarta, Selasa (23/11/2021)(rep)

Jakarta, Pro Legal News– Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Perancis Jean-Yves Le Drian di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Jakarta, Selasa (23/11/2021). Dalam pertemuan ini, keduanya melakukan pembicaraan sejumlah topik, salah satunya mengenai kelanjutan kerja sama di bidang pertahanan. “Di mana dalam pertemuan tersebut membahas mengenai tindak lanjut kemitraan strategis antara Indonesia dan Prancis di sektor pertahanan yang telah ditandatangani pada Juni 2021 di Prancis,” demikian keterangan tertulis Kementerian Pertahanan, Rabu (24/11/2021).

Poin-poin kerja sama pertahanan Indonesia dan Prancis mencakup berbagai bidang. Antara lain intelijen, pelatihan dan pendidikan militer, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan industri pertahanan. Selanjutnya, kerja sama pasukan pemelihara perdamaian, pemberantasan terorisme serta pengembangan dan penelitian industri pertahanan termasuk produksi bersama.

Seperti diketahui, sebelumnya Prabowo dan Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly menandatangani perjanjian kerjasama di bidang pertahanan di Perancis pada 28 Juni 2021.

Pembentukan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan kedua Menhan pada Januari 2020 lalu. Setelah melalui perundingan cukup panjang, di tengah pandemi Covid-19, kedua Menhan menyepakati teks perjanjian kerja sama Pertahanan (DCA), yang tidak saja menjadi payung kerja sama pertahanan tetapi juga memperkokoh kemitraan strategis kedua negara yang ditandatangani pada tahun 2011.(Tim)

 

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan