- Advertisement -
Pro Legal News ID
Peristiwa

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara berlangsung di Monumen Pancasila Sakti

Jakarta, Prolegalnews  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya,(1/10/2020).

Dihadiri pula oleh Wakil Presiden Maruf Amin. Sementara para menteri, pimpinan lembaga dan perwakilan Indonesia luar negeri, hingga kepala daerah mengikuti upacara tahun ini secara virtual.

Setelah menerima laporan dari petugas upacara, dilakukan pembacaan Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan dilanjutkan pembacaan UUD 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Selanjutnya, Ketua DPR Puan Maharani membacakan ikrar. Disambung dengan pembacaan doan oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

Tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 adalah Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila. Namun, mengingat peringatan Hari Kesaktian Pancasila ditengah pandemi Covid-19, semua instansi di tingkat pusat, daerah, dan kantor perwakilan RI di luar negeri diminta mengikuti secara virtual dari kantor masing-masing.

“Menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat beserta pimpinan tinggi madya atau sederajat wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing,” ujar Nadiem.

Kepala daerah atau forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Instansi pusat dan daerah, serta seluruh masyarakat diminta juga mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh. Meski, sebelumnya diminta mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020.

Seluruh pejabat yang hadir dan anggota yang bertugas memakai masker lengkap. Mereka juga menjaga jarak melaksanakan protokol kesehatan.Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan