- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Presiden Jokowi Lakukan Tabur Bunga di Makam BJ Habibie Hingga Pahlawan Revolusi

Presiden Jokowi lakukan tabur bunga di TMP Kalibata (rep)

Jakarta, Pro Legal News-Memperingati Hari Pahlawan Nasional 2021, Presiden Joko Widodo  menjadi inspektur upacara  di TMP Kalibata, Rabu (10/11/2021). Seusai menjadi inspektur upacara,  Presiden Joko Widodo melakukan tabur bunga di makam para pahlawan nasional.

Pelaksanaan tabur bunga itu juga diikuti oleh sejumlah pejabat negara yang hadir, antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Ketua DPR Puan Maharani.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono,  Presiden Jokowi melakukan tabur bunga kepada makam sejumlah pahlawan yang berada di sejumlah titik. “Ke makam almarhum BJ Habibie di blok M-120, kemudian ke makam almarhumah Ainun Habibie di blok M-121 , ke makam almarhum Taufik Kiemas di blok M-114, ke makam almarhumah Ani Yudhoyono di blok M-129,” ujar Heru melalui keterangan tertulisnya.

Acara tabur bunga dilanjutkan ke makam Wakil Presiden RI keempat, almarhum Umar Wirahadikusumah di blok M–102. Selanjutnya, ke makam Wakil Presiden RI kelima, almarhum Soedharmono yang berada di blok M–107.

Selanjutnya, Jokowi melakukan tabur bunga di makam Wakil Presiden RI ketiga, almarhum Adam Malik yang berada di blok E–119A. “Selain itu ke makam para Pahlawan Revolusi di Blok E-79 sampai 83. Lalu ke makam pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tidak dikenal di blok M–59 sampai M–62,” ujar Heru.

Sebelumnya  Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan Nasional 2021 di Taman Makam Pahlawan TMP Kalibata Jakarta Selatan, Rabu pagi. Upacara dimulai pukul 08.14 WIB diawali dengan laporan pemimpin upacara kepada Jokowi.

Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur. Setelahnya, Jokowi selaku inspektur upacara meletakkan karangan bunga di TMP Kalibata. Karangan bunga itu bertuliskan tema peringatan Hari Pahlawan Nasional 2021, yakni “Pahlawanku Inspirasiku”. Kemudian, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas memimpin pelaksanaan doa bersama untuk para pahlawan nasional dan bangsa Indonesia.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan