- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Polri dan TNI Waspadai aksi Terorisme Pada Asian Games

Jakarta, Pro Legas News – Polri dan TNI fokus pemberantasan aksi terorisme sebagai sasara  utama pengamanan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Polri dibantu TNI sudah  melakukan antisipasi sebelum Asian Games dimulai.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya waspadai aksi terorisme sehingga pesta olahraga Asian Games berjalan lancar dan aman. “Pasca bom Surabaya, kita telah menangkap 242 orang terduga teroris. 21 diantaranya, terpaksa di tembak mati karena melawan ketika hendak ditangkap. Operasi akan terus berlanjut,” kata Kapolri Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya usai rapat pengamanan Asian Games, Senin (30/7).

Menurut Kapolri Tito pihaknya tidak bisa menyampaikan perkembangan terorisme saat Asian Games. Tito juga enggan menyebutkan berapa banyak sel-sel yang masih beroperasi dan menjadi sasaran.

Alasannya itu data rahasia, tetapi pihaknya terus bergetak melakukan pemetaan. “Kita tangkap dengan UU Terorisme yang baru. Dengan UU baru, kita dapat kemudahan,” tegas Tito.

Dijelaskan Kapolri Tito, selain masalah terorisme kepolisian juga memberi perhatian kepada kejahatan jalanan seperti copet, begal dan lainnya. Untuk masalah ini, sudah dilakukan operasi yang berhasil menangkap ribuan pelaku kejahatan dan ratusan diantaranya diproses hukum.

Khusus untuk pengamanan di lokasi pertandingan Asian Games, polisi akan melihat situasi dan kondisi. Semakin mengundang massa, tingkat pengamanan akan semakin ketat.

“Pengamanan sudah pasti ketat di upacara pembukaan dan penutupan dan vienue yang banyak peminat seperti sepak bola. Polri lakukan ring 1, 2, 3. Tapi fleksibel tergantung jenis olahraga dan pengunjung,” tegasnya. tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan