- Advertisement -
Pro Legal News ID
Jatim

Polisi Peduli Dampak Erupsi Semeru

Karo SDM Polda Jatim Kombes Pol Adi S, ditengah pengungsi Gunung Semeru

 

Surabaya, Prolegalnews – Kepedulian serta perhatian polisi terhadap penanganan korban bencana pada masyarakat, apalagi terkait bencana gunung meletus yang menimpa terhadap masyarakat sangat tinggi.
Sebagai bukti kepedulian itu, Tim Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jatim, bersama Tim Ro Psi SSDM Polri memberikan bantuan psikososial dan trauma healing kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru di pengungsian di Desa Pronojiwo, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin hingga Selasa 9 – 10 Desember 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh Karo SDM Polda Jatim Kombes Pol Andi Syahriful Taufik, S.I.K, M.Si dan Kabag Psikologi AKBP Diah Ika Riantini, S.Psi Psikolog serta Waka Polres Lumajang, Kabag Sumda Polres Lumajang, Kasat Sabhara Polres Lumajang, Kasat Binmas Polres Lumajang.

Disamping itu Kapolsek Pronojiwo, Kapolsek Candipuro, Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) Cabang Jember dan Mahasiswa Magang F.Psi Unesa. Bahkan dari Mabes Polri dihadiri oleh Tim Ro Psi SSDM Kombes Pol Adi Suhariyono, S.Psi, SSTMK, Psikolog, KP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psikolog, KP Dwi Crismawan, M.Si, M.Psi, Psikolog, Ipda Indah Syarif Kurniawati, M.Psi, Psikolog, Ipda Bellatrix Putri Bahari, M.Psi, Psikolog dan Penata Sugiarti.

Sehingga apa yang dilakukan ini sangat membantu masyarakat yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru. Selain itu tim juga meninjaua dan mengamati Gunung Semeru, serta melihat langsung berbagai fasilitas pengungsian warga seperti dapur umum yang telah disediakan.

Tim Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jatim beserta Tim Ro Psi SSDM Polri memberikan bantuan dukungan psikososial, psikoedukasi terhadap warga dan anak-anak. Disamping itu juga terapi bermain yang sasarannya kepada anak-anak dan dengan cara bernyanyi, bermain games, story telling atau cerita anak-anak.

Bahkan juga memberikan bantuan berupa obat-obatan, vitamin dan barang yang diperlukan selama di pengungsian, yaitu berupa selimut, masker, suplemen, vitamin, susu, makanan ringan, tas dan juga perlengkapan sekolah. Dilanjutkan dengan kunjungan langsung kerumah-rumah warga di sekitar lereng Gunung Semeru dan juga melakukan pemberian bantuan disana.”Dari rangkaian kegiatan itu diharap pula oleh masyarakat, kedatangan tim bagian Psikologi Biro SDM Polda Jatim, maupun Tim Ro Psi SSDM Polri, bahkan para psikologi dan mahasiswa yang turut dalam membantu kegiatan ini. Sehingga dapat meringankan beban warga terdampak erupsi Gunung Semeru tersebut,” ujar Karo SDM Polda Jatim Kombes Pol Andi Syahriful Taufik, S.I.K, M.Si. (djoko)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan