- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

Polisi Amankan Ratusan Pendukung Rizieq di Arena Sidang

Jakarta, Pro Legal News – Aparat kepolisian mengamankan ratusan orang yang diduga merupakan simpatisan Rizieq Shihab di arena sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (24/6). Dijadwalkan hari ini Rizieq menjalani sidang pembacaan putusan dalam perkara penyebaran kabar bohong (hoaks) hasil tes Covid-19 di Rumah Sakit Ummi, Bogor, Jawa Barat. “Iya betul (mengamankan simpatisan Rizieq), 200 orang lebih,” ujar Kapolsek Cakung Kompol Satria Darma, Kamis (24/6).

Menurut Satria,  para simpatisan Rizieq itu telah dibawa ke Mapolres Metro Jakarta Timur untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Satria  juga menambahkan jika pihaknya juga turut menemukan senjata tajam dari massa yang diamankan tersebut. “Ada yang bawa sajam, sudah diamankan,” ujar Satria.

Setidaknya, sebanyak 2.801 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan proses persidangan hari ini. Ketika menjelang persidangan terjadi bentrokan, ketika massa berusaha membuka blokade polisi. Ratusan orang mencoba merangsek barikade petugas untuk bisa masuk ke arena sidang vonis Rizieq.

Sementara Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan juga menyatakan bahwa pihaknya bakal membubarkan massa simpatisan atau pendukung Rizieq jika menimbulkan kerumunan di sekitar PN Jakarta Timur. “Yang datang bila melanggar ketentuan prokes dan berkerumun akan kami bubarkan,” ujar Erwin saat dikonfirmasi.

Menurut  Erwin, pihaknya akan meminta pertanggungjawaban dari koordinator massa jika kedapatan ada kerumunan massa. “Dan meminta pertanggungjawabannya dari para koordinatornya, mengingat Jakarta sekarang sedang tinggi-tingginya penyebaran Covid,” ujarnya.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan