- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Pilot Dan Tim Penerbang Jet Tempur Rafale Dipersiapkan

Jet Tempur Rafaele, (rep)

Jakarta, Pro Legal News– Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo memastikan TNI AU sudah mempersiapkan beberapa penerbang untuk pesawat tempur Dassault Rafale. Persiapan itu dilakukan usai Kementerian Pertahanan resmi menandatangani kontrak pembelian pesawat tempur buatan Prancis tersebut. “Secara kriteria kita sudah siapkan dan yang eligible untuk bisa berangkat,” ujar Fadjar usai Rapat Pimpinan TNI AU 2022, Jumat (4/3).

Tetapi Fadjar menyampaikan dirinya belum bisa memastikan berapa jumlah pilot yang akan menerbangkan jet tempur Rafale. “Kita menyiapkan beberapa penerbang tetapi kita belum tentukan jumlahnya,” ujarnya.

Menurut Fadjar,  penempatan skuadron Rafale tidak akan ditempatkan jauh dari skuadron yang sudah ada sebelumnya. “Tentunya kita tidak akan jauh-jauh dari yang sudah ada dari sekarang. Karena menempatkan satuan udara cukup kompleks. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” ujarnya.

“Kecuali ke depan kita mendapat perintah untuk menggelar di mana kita akan siap,” sambungnya.

Seperti diketahui, TNI Angkatan Udara sebelumnya memastikan akan membeli pesawat tempur generasi 4,5, yakni Dassault Rafale buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan rencana pembelian pesawat tempur generasi 4,5 Dassault Rafale terus berproses. Ia menyebut pembelian itu tinggal mengaktifkan kontrak. “Rafale yang sudah agak maju. Rafale sudah agak maju, saya kira tinggal mengaktifkan kontrak saja,” ujar Prabowo usai rapat pimpinan Kementerian Pertahanan 2022, Kamis (20/1).(Tim)

 

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan