- Advertisement -
Pro Legal News ID
Sulbar

Pemkab Mamasa Anjurkan Kelola Kebun Antisipasi Wabah Covid 19

Sulbar, Pro Legal News – Terkait mengenai Wabah Virus Corona yang sampai saat ini belum ada yang mampu memprediksi akan hilang, namun dampak ekonomi telah dirasakan masyarakat di berbagai daerah pada pemerintahan Kabupaten Mamasa.

Guna memproteksi dampak covid 19 yang berlangsung secara berkepanjangan, Pemerintah Kabupaten Mamasa menganjurkan agar setiap warganya meningkatkan ketahanan Pangan Keluarga.

Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi mengatakan anggaran refocusing dari pusat yang dibagikan kepada masyarakat hanya sampai bulan Juni mendatang, sehingga Ia mewanti-wanti para Kepala Desa agar tidak hanya bersiap selama tiga bulan saja.

“Tapi kita harus bersiap dengan menambah tiga bulan lagi kedepan,” katanya, Selasa (19/5).

Ia menuturkan agar masyarakat tidak hanya berharap pada bantuan yang diberikan, namun sudah harus memikirkan untuk memproduksi tanaman kebutuhan pokok dengan memanfaatkan lahan atau kebun masing-masing.

Mengenai pembatasan pelintas, Ia menjelaskan hanya berlaku bagi warga yang akan keluar masuk wilayah Kabupaten Mamasa. Tetapi aktivitas di kebun tidak dibatasi, malah dianjurkan.

“Masyarakat harus bercocok tanam, mulai dari sayuran, makan penyanggah seperti ubi kayu dan lainnya, supaya nantinya tidak kewalahan,” jelasnya.

Ramlan menambahkan bantuan yang diberikan pemerintah hanya sebesar Rp. 600 ribu, jika dibandingkan dengan kebutuhan sehari-hari tentu itu tidak cukup.

Untuk itu pihaknya meminta kepada masyarakat agar tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya di kebun dengan memanfaatkan waktu menanam tanaman jangka pendek dan jangka menengah.

“Disamping kita menunggu regulasi bagaimana menambah anggaran kedepan jika ternyata pandemi ini masih berkepanjangan, hal itu juga dimaksudkan agar ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat semakin kuat,” tambahnya. K Parangka

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan