- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

Pelaku Curanmor Tewas Dalam Baku Tembak dengan Polisi 

Jakarta, Pro Legal News – Baku tembak antara seorang pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor berisial RD (22) alias CS dengan polisi terjadi di Jalan Adhyaksa, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (21/3) malam.

RD sempat menyerang petugas dengan senjata api rakitan ketika hendak ditangkap. Petugas Subdit Resmob Polda Metro Jaya akhirnya mengambil tindakan tegas dengan menembak RD hingga tewas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, RD alias CS diketahui adalah pelaku spesialis pencurian sepeda motor. “RD alias CS melawan petugas dengan senpi rakitannya, saat akan ditangkap petugas di Jalan Adhyaksa, Lebak Bulus, 21 Maret lalu,” kata Yusri dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (23/3).

Petugas kata Yusri sempat mengeluarkan tembakan peringatan. Tapi RD justru membalas dengan tembakan ke arah petugas menggunakan senpi rakitannya.

Baku tembak sempat terjadi sebelum akhirnya pelaku berhasil dilumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur dengan timah panas. Menurut Yusri, petugas sempat melarikan pelaku yang tertembak ke RS Polri, tapi perjalanan pelaku meninggal dunia.

Kombes Yusri menjelaskann, RD yang berperan sebagai pemetik, kerap beraksi bersama E yang berperan sebagai joki dan mengintai lokasi. “Saat ini E buron dan masuk dalam DPO kami,” kata Yusri.

Setelah berhasil melumpuhkan RD, petugas melakukan penggeledahan di rumah RD di Lebak Bulus. Dari tangan RD dan dari rumahnya kata Yusri, berhasil disita sejumlah barang bukti.

Diantaranya, 3 unit sepeda motor matic hasil curian, kunci Letter T berikut 5 mata kunci, sebilah pisau, satu senjata api rakitan bergagang hitam beserta 5 peluru, dan satu buah HP. “Saat ini, tim memburu E, yang merupakan pelaku curanmor dan bagia kelompok Lampung. Sementara RD ini adalah asal Jawa Timur, namun sering pula beraksi dengan kelompok Lampung. Intinya mereka ini adalah pelaku curanmor kawakan,” ujar Yusri.

Aksi terakhir RD dan E, kata Yusri dilakukan Senin (9/3) malam lalu. Mereka menggasak sepeda motor korban yang diparkir di teras rumahnya di Jalan Mekar Baru Raya, Kelurahan Cireundeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Dari laporan korban atas kasus inilah, tim berhasil mengidentifikasi pelaku. Dimana satu pelaku terpaksa ditembak karena berupaya melawan dan melukai petugas.Tommi

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan