- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Panglima TNI Ganti 4 Perwira Tinggi di Wilayah Papua

ilustrasi, pasukan TNI di Papua (rep)

Jakarta, Pro Legal – Diduga terkait dinamika gangguan Kamtibmas yang terjadi,   Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengganti empat perwira tinggi yang menjabat di wilayah Papua.

Sesuai dengan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia No Kep/426/IV/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, total ada 172 perwira yang dimutasi.

Empat jabatan di antaranya adalah Pangkogabwilhan III, Kas Kogabwilhan III, Pangdam XVII/Cendrawasih dan Danrem 172/Praja Wira Yudha.

Pejabat Pangkogabwilhan III yakni Letjen I Nyoman Cantiasa kini ditempatkan sebagai Koorsahli KSAD. Posisi Nyoman lalu digantikan Mayjen Agus Suhardi yang sebelumnya merupakan Asops Panglima TNI.

Selain itu Kas Kogabwilhan III kini dijabat oleh Marsekal Pertama Budhi Achmadi. Pejabat sebelumnya yakni Mayjen Izak Pangemanan ditunjuk menjadi Pangdam XVII/Cendrawasih.

Seperti diketahui Markas Kogabwilhan III berkedudukan di Timika, Papua. Wilayah kerja di antaranya meliputi darat yaitu Maluku, Maluku Utara, Papua.

Wilayah laut adalah perairan di sekitar Maluku, Maluku Utara, Papua dan ALKI-3b dan 3c beserta perairan sekitarnya. Wilayah udara di sekitar wilayah atas Maluku, Maluku Utara, Papua dan ALKI-3b dan 3c beserta perairan sekitarnya.

Sementara itu, usai digantikan oleh Izak, pejabat Pangdam XVII/Cendrawasih sebelumnya, Mayjen M Saleh Mustafa kemudian ditempatkan sebagai Pa Sahli Tk.III KSAD Bid Sosbudkum HAM dan Narkoba.

Panglima TNI juga mengganti Danrem 172/Praja Wira Yudha dari Brigjen J.O Sembiring kepada Kolonel Inf Dedi Hardono. Korem 172/PWY berada di bawah komando Kodam XVII/Cendrawasih. Dedi sebelumnya adalah Pamen Denmabesad. Dengan jabatan baru ini, ia akan mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang satu atau Brigjen.

Pejabat lama J.O Sembiring ditunjuk sebagai Pa Sahli Tk.II KSAD Bid.Sosbud. Sembiring sebelumnya juga dikenal sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) pencarian pilot Susi Air yang disandera oleh KKB.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan