- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Mudik Lebaran 2022 Ciptakan Sejumlah Rekor

Antrian kendaraan di gerbang tol Cikampek Utama, Purwakarta, Jawa Barat,(rep)

Jakarta, Pro Legal News- Setelah terbebas dari larangan  karena pandemi Covid 19, arus  mudik lebaran 2022 terlihat sangat antusias, Bahkan  jumlah pemudik tahun ini  mencatatkan sejumlah rekor.

Mobilitas masyarakat saat arus mudik dan balik tidak hanya padat di jalur darat, tetapi juga pergerakan di bandara.

Berikut sejumlah rekor yang terpecahkan pada Mudik Lebaran 2022.

Menurut data dari  PT Jasa Marga (Persero) Tbk  tercatat 1,7 juta kendaraan keluar Jabodetabek sejak H-10 sampai H-1 Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Jumlah itu memecahkan rekor lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah mudik. Jumlah kendaraan naik 9,5 persen dibanding saat masa mudik sebelum pandemi tahun 2019 lalu.

Jutaan kendaraan meninggalkan Jabodetabek pada masa mudik tahun ini menuju tiga arah yaitu ke arah timur (Trans Jawa dan Bandung), barat (Merak), dan selatan (Puncak).

Sementara jumlah penumpang Bandara Soetta mencapai 150 ribu/hari. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ada sekitar 150 ribu penumpang yang bepergian lewat Bandara Soekarno-Hatta dalam sehari, yakni pada Minggu (8/5). Jumlah itu merupakan yang tertinggi selama pandemi Covid. “Pergerakan hari ini adalah pergerakan tertinggi sejak masa pandemi. Akan bergerak (penumpang datang dan pergi) sekitar 150 ribu orang. Dari catatan ada 1.130 pergerakan pesawat,” ujar Budi.

Menurut Direktur AP II Muhammad Awaluddin, pada puncak arus balik pada Minggu kemarin, jumlah penumpang terbanyak ada di Terminal 2. “Dari jumlah tersebut, paling tinggi ada di Terminal 2 sebanyak 70 ribu orang, kemudian Terminal 3 sebanyak 50 ribu orang, dan Terminal 1 sebanyak 30 ribu orang,”  ujar Awaluddin.

Berdasarkan data Jasa Marga, tercatat volume lalu lintas arus balik ke Jabodetabek dari arah timur Jawa tembus rekor mencapai 170.078 kendaraan pada H+4 Lebaran atau Sabtu (7/5).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan jumlah tersebut melonjak 159 persen dari situasi normal pada 2021.

Bahkan, mengalahkan rekor tertinggi sebelum pandemi yang sebesar 166.444 kendaraan pada Lebaran 2019. “Lalu lintas mudik dari arah timur merupakan lalu lintas kumulatif arus balik di Tol Jakarta-Cikampek melalui dua gerbang tol, yaitu GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Tol Cipularang,” ujar Heru.(Tim)

 

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan