- Advertisement -
Pro Legal News ID
Jawa Timur

Layanan Samsat Lumajang Kian Memuaskan

FAJAR SIDIQ, ADPEL / PDPP SAMSAT LUMAJANG

Lumajang, PRO LEGAL NEWS – Ditengah serbuan Virus Covid-19 Kantor Bersama Samsat Lumajang sebagai salah satu unit pelayanan publik kian berbenah guna menjawab tuntutan dari masyarakat  agar memberikan pelayanan yang lebih baik. Tuntutan yang mengalir itu bukan saja soal administrative  belaka, namun juga tentang pelayanan Samsat dalam memberikan kenyamanan, keamanan, serta kecepatan waktu pelayanan  terhadap para wajib pajak.

Menjawab serta  menyikapi  tuntutan masyarakat dalam pelayanan ini, Fajar Sidiq, selaku  Adpel atau PDPP Samsat  Lumajang menekankan pada  jajarannya agar selalu ramah serta cekatan dalam memberikan pelayanan pada semua wajib pajak. Bahkan tak sekedar memberikan wejangan pada unitnya, Adpel yang akrab dan ramah ini, tak segan-segan turun kelapangan untuk memberikan contoh serta memotifasi kedisiplinan dan semangat kerja bagi jajaranya.

Dan sudah menjadi pemandangan rutin jika Fajar Sidiq kerab membaur ditengah para wajib pajak untuk memberikan petunjuk serta memandu dalam melaksanakan pembayaran pajak kendaraan mereka. Maka tidaklah heran jika masyarakat selaku wajib pajak merasa puas dengan pelayanan unit pajak di Samsat Lumajang.

“Wah mbayar pajak disini enak mas, mudah dan pelayananya ramah. Apalagi  Pak Fajar, beserta stafnya sabar dan telaten dalam memandu proses membayar pajak disini .” tutur  Prayit, lelaki paruh baya yang nampak senang dengan kemudahan pelayanan regestrasi pajak di Samsat Lumajang.

Sebagai Adpel/PDPP, Fajar benar-benar menerapkan Program yang berbasis pada standart ISO, yang mengedepankan pelayanan publik bersystem management mutu secara nyata di Kantor Bersama Samsat Lumajang, yang berada di Kabupaten Lumajang. Pelayanan yang prima ini menjadikan para wajib pajak merasa sangat nyaman dan mudah dalam menunaikan kewajibanya untuk membayar pajak kendaraan bermotornya.

Isu yang beredar dimasyarakat bahwa kantor Samsat selama ini menjadi ajang pungli bagi segelintir pejabat yang berwenang didalamnya, nampaknya ditepis jauh-jauh oleh segenap jajaran pejabat berwenang yang ada di Kantor Bersama Samsat Lumajang ini. Bahkan selaku pejabat publik Adpel Samsat Lumajang, senantiasa memberikan wacana serta penjelasan yang transparan kepada semua pihak yang membutuhkan informasi tentang pelayanan pajak dikantornya, tak terkecuali kepada semua wartawan. Dan saat disinggung tentang masih adanya beberapa calo (biro jasa) yang berkeliaran di Samsat Lumajang ini, dengan tegas Adpel berperawakan ramping ini  sangat tak setuju dengan praktek percaloan diwilayah kantornya.

“Sebetulnya kalau memang ada peraturan pemerintah atau peraturan daerah yang jelas-jelas melarang praktik calo atau biro jasa saya sangat setuju dan mendukung. Saya pun bisa secara tegas membersihkan para calo yang berkeliaran dikantor ini.”tegas Fajar. Dirinya juga menambahkan keberadaan para calo ini  malah banyak bikin susah. Namun kesadaran masyarakat yang belum pulih dari rasa malas untuk membayar pajaknya secara langsung menimbulkan peluang bagi keberadaan para calo itu sendiri. Dampak buruknya bahkan pernah beberapa kali wajib pajak datang kekantornya melapor jika telah ditipu oleh para calo, uang  pajak  dan  uang jasa sudah dikasih namun berkasnya lama tak kunjung selesai. Bahkan ada yang dokumen kendaranya pun tak diurus malah digadaikan oleh calo.

Dan mengenai  segala informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas tentang pelayanan pajak kendaraan bermotor, sebagai Adpel Samsat yang notabene selaku pejabat publik dirinya siap memberikan informasi yang jelas dan transparan.

“Ayo membayar pajak tepat waktu dan gunakan segala kemudahan inovasi  layanan Samsat dengan  sebai-baiknya. Usahakan datang sendiri untuk membayar pajak. Karena kami siap membantu apapun keluhan masyarakat dalam pelaksanaan pembayaran pajak kendaraanya.”  terang Fajar, saat menemani ProLegal minum kopi di Kantin depan Samsat.  djoko      

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan