Bangkalan, Pro Legal – Kantor Bersama Samsat Bagkalan sebagai salah satu unit pelayanan publik kian berbenah guna menjawab tuntutan dari masyarakat agar memberikan pelayanan yang lebih baik. Tuntutan yang mengalir itu bukan saja soal administrative belaka, namun juga tentang pelayanan Samsat dalam memberikan kenyamanan, keamanan, serta kecepatan waktu pelayanan terhadap para wajib pajak.
Menjawab serta menyikapi tuntutan masyarakat dalam pelayanan ini, Hari, selaku Adpel atau PDPP Samsat Bangkalan menekankan pada jajarannya agar selalu ramah serta cekatan dalam memberikan pelayanan pada semua wajib pajak. Bahkan tak sekedar memberikan wejangan pada unitnya, Adpel yang akrab dan ramah ini, tak segan-segan turun kelapangan untuk memberikan contoh serta memotifasi kedisiplinan dan semangat kerja bagi jajaranya.
Dan sudah menjadi pemandangan rutin jika Hari kerab membaur ditengah para wajib pajak untuk memberikan petunjuk serta memandu dalam melaksanakan pembayaran pajak kendaraan mereka. Maka tidaklah heran jika masyarakat selaku wajib pajak merasa puas dengan pelayanan unit pajak di Samsat Bangkalan.
“Wah bayar pajak disini enak mas, mudah dan pelayananya ramah. Apalagi Pak Hari, beserta stafnya sabar dan telaten dalam memandu proses membayar pajak disini .” tutur Sholeh, lelaki paruh baya yang nampak senang dengan kemudahan pelayanan regestrasi pajak di Samsat Bangkalan.
Sebagai Adpel/PDPP, Hari benar-benar menerapkan Program yang berbasis pada standart ISO, yang mengedepankan pelayanan publik bersystem management mutu secara nyata di Kantor Bersama Samsat Bangkalan, yang berada di Pulau Madura. Pelayanan yang prima ini menjadikan para wajib pajak merasa sangat nyaman dan mudah dalam menunaikan kewajibanya untuk membayar pajak kendaraan bermotornya.
Isu yang beredar dimasyarakat bahwa kantor Samsat selama ini menjadi ajang pungli bagi segelintir pejabat yang berwenang didalamnya, nampaknya ditepis jauh-jauh oleh segenap jajaran pejabat berwenang yang ada di Kantor Bersama Samsat Bangkalan ini. Bahkan selaku pejabat publik Adpel Samsat Bangkalan, senantiasa memberikan wacana serta penjelasan yang transparan kepada semua pihak yang membutuhkan informasi tentang pelayanan pajak dikantornya, tak terkecuali kepada semua wartawan. Dan saat disinggung tentang masih adanya beberapa calo (biro jasa) yang berkeliaran di Samsat Bangkalan ini, dengan tegas Hari sangat tak setuju dengan praktek percaloan diwilayah kantornya.
Dan mengenai segala informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas tentang pelayanan pajak kendaraan bermotor, sebagai Adpel Samsat yang notabene selaku pejabat publik dirinya siap memberikan informasi yang jelas dan transparan.
“Ayo membayar pajak tepat waktu dan gunakan segala kemudahan inovasi layanan Samsat dengan sebai-baiknya. Usahakan datang sendiri untuk membayar pajak. Karena kami siap membantu apapun keluhan masyarakat dalam pelaksanaan pembayaran pajak kendaraanya.” terang Hari, saat ngobrol santay diruangan nya. Bagus