- Advertisement -
Pro Legal News ID
Hukum

KPK Usut Aksi BUMN Borong Tiket Asian Games

Jakarta, Pro Legal News – Penyidik KPK kini tengah menyelidiki ada dugaan aliran tiket gratis ke tangan pejabat untuk nonton pertandingan Asian Games. Ini termasuk ranah penerimaan gratifikasi yang harus ditabgani KPK.

Bahkan info lain yang diterima KPK menyebutkan ada BUMN yang sengaja memborong tiket Asian Games untuk dibagikan kepada para pejabat. Ini dibenarkan  Ketua KPK Agus Rahardjo.

Pihak KPK belum mau menyebut siapa pejabatnya dan BUMN tersebut. “Ini sedang kami dalami karena sudah masuk ranah gratifikasi,” kata Ketua KPK Agus di Jakarta, Rabu (29/8).

Menurutnya banyak pejabat minta tiket ke panitia untuk nonton gratis pertandingan Asian Games. KPK meminta pejabat bersangkatan segera melapor karena masuk katagori gratifikasi.

Sebelumnya pada Senin (27/8) Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya menerima informasi adanya pejabat yang menerima dan meminta tiket Asian Games secara gratis. Tindakan itu bertentangan aturan hukum yang berlaku.

Kata Febri, ada risiko pidana apabila gratifikasi tidak dilaporkan ke KPK paling lambat 30 hari kerja setelah diterima. Untuk pencegahan, Febri mengimbau para pejabat untuk membeli langsung tiket itu.

Pihaknya lanjut Febri mengingatkan kepada siapa pun jangan sampai jabatan disalahgunakan untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas gratis. Bahkan di KPK salah satu pimpinan KPK ketika ingin menonton Asian Games membeli tiket karena haruslah dipisahkan dari jabatan. tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan