- Advertisement -
Pro Legal News ID
Hukum

KPK Punya Bukti Idrus Marham Ikut Bahas Proyek PLTU Riau 1

Mensos Idrus Marham

Jakarta, Pro Legal News – Sungguh mengejutkan KPK menemukan bukti adanya dugaan keterlibatan Menteri Sosial (Mebsos) Idrus Marham dalam pertemuan untuk membahas proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Riau-I. Temuan ini menjadi salah satu materi penting yang digali tim penyidik KPK.

Mensos Idrus Marham sendiri telah dua kali diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek PLTU Riau I. “Sebagian sudah kami dalami dalam pemeriksaan dua kali sebagai saksi. Ini terkait beberapa pertemuan dan pembahasan proyek PLTU Riau-I,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (2/8) malam.

Dugaan keterlibatan Idrus Marham dalam pertemuan membahas PLTU Riau-1 didapatkan penyidik KPK dari rekaman CCTV yang disita ketika menggeledah rumah Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir dan kantor pusat PLN serta lokasi lain.

Menurut Febri tim penyidik sudah melihat seluruh isi rekaman CCTV hasil sitaan itu. Meski dia menolak mengungkapkan secara jelas isi rekaman CCTV, namun Febri memastikan pertemuan yang membahas proyek senilai US$ 900 juta itu diperoleh dari sejumlah bukti yang kini dipegang tim penyidik.

KPK lanjut Febri memastikan bakal terus mengusut dan mengembangkan kasus guna mengungkap siapa saja ikut berperan di balik proyek ini. KPK bakal menjerat pihak lain yang terlibat sepanjang ditemukan bukti permulaan yang cukup.

Dalam kasus ini KPK telah menahan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih yang diduga menerima suap senilai Rp 4,8 miliar dari pemegang saham Blackgold Natural Limited Johannes B Kotjo. Tujuanny untuk memuluskan agar perusahaan itu masuk dalam konsorsium yang mengerjakan proyek PLTU Riau-1.

Eni Saragih kini mendekam dal tahanan ditangkap KPK di rumah dinas Mensos Idrus Marham beberapa waktu lalu. Sekjen Sekjen Partai Golkar saat itu dan Dirut PT PLN Sofyan Basir disebut menghadiri atau mengetahui adanya pertemuan antara Eni dan Johannes Kotjo untuk membicarakan proyek tersebut.

Dugaan bahwa Idrus ikut dalam pertemuan itu diperkuat hasil rekaman CCTV yang disita tim penyidik saat menggeledah sejumlah lokasi. Idrus dan Sofyan telah diperiksa tim penyidik KPK. Seusai diperiksa, keduanya mengaku mengenal Eni dan Johannes Kotjo. tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan