- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

KPK Akan Periksa Politikus PAN Yandri Susanto Terkait Bansos

Jakarta, Pro Legal News – Sebagai pengembangan dan pendalaman, Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto terkait dengan kasus dugaan korupsi bantuan sosial (Bansos) penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek tahun 2020.”Yang bersangkutan akan diperiksa untuk tersangka MJS [Matheus Joko Santoso],” ujar Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Selasa (30/3).

Menurut Ali, pemeriksaan terhadap politikus PAN tersebut guna melengkapi berkas perkara Matheus selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial. Belum diketahui keterlibatan Yandri dalam kasus dugaan korupsi yang turut menjerat mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Selain itu, penyidik komisi antirasuah juga memanggil dua saksi lainnya yang merupakan notaris yaitu Sahat Simanungkalit dan Prospelany.

Pemanggilan Yandri itu merupakan kali kedua anggota dewan diperiksa terkait dengan kasus dugaan korupsi Bansos. Sebelumnya, KPK sudah lebih dulu memeriksa mantan Wakil Ketua Komisi VIII yang saat ini duduk di Komisi II DPR, Ihsan Yunus. Lembaga antirasuah menduga Ihsan terlibat dalam proyek pengadaan bansos.

Pada rekonstruksi kasus, Senin (1/2), disebutkan bahwa Ihsan pernah melakukan pertemuan dengan Matheus dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial, M. Syafi’i Nasution. Rumah Ihsan yang berada di Jalan Kayu Putih Selatan 1, Nomor 16, Pulo Gadung, Jakarta Timur, pun sudah digeledah penyidik KPK, meskipun tidak ditemukan barang bukti terkait dengan perkara.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Selain Juliari, empat tersangka lainnya adalah PPK Kementerian Sosial, Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso, serta dua pihak swasta Ardian I M dan Harry Sidabukke. Dua nama terakhir diketahui sedang diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan