- Advertisement -
Pro Legal News ID
Sulsel

Ketua PKK SulSel : Himbau Kurangi Penggunaan Plastik

Makassar, Pro Legal News : Ketua PKK SulSel himbau  kurangi gunakan plastik untuk cegah kanker Makassar, Rabu (26/12). Berbicara di depan ratusan peserta Sosialisasi Kanker Pada Wanita di Aula Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Sulawesi Selatan (SulSel), Rabu pagi, 26 Desember 2018, Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi SulSel, Hj Liestiaty F Nurdin menghimbau untuk mengurangi penggunaan plastik dalam segala aktifitas kehidupan. “Semoga masyarakat kita dapat mengurangi penggunaan plastik, apalagi Ibu-ibu. Jadi kalau belanja ke pasar gunakanlah kantongan yang bisa dipakai berulang kali”, himbaunya.

Menjadi penting bagi masyarakat untuk kembali membudayakan kantongan berbahan non plastik seperti anyaman daun dan sebagainya. Penggunaan botol plastik minuman bisa diefisienkan dengan membawa sendiri tumbler ke tempat kerja.

Kembali ditegaskan Ketua PKK SulSel bahwa pastik menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker khususnya kanker payudara dan mulut rahim yang menyerang perempuan.

Diketahui kanker pembunuh terbesar kedua di Indonesia. “Hak itu terjadi karena kelalaian kita sendiri atas banyaknya produk rumah tangga yang mengandung mikroplastik. Kita yang suka memakai odol yang ada biji-bijinya itu ada mikroplastiknya. Begitu pun scrub muka dan scrub sabun badan”, jelasnya.

Terkait langkah strategis yang akan diambil PKK mengantisipasi merebaknya kreset sebagai wadah kantongan maupun pembungkus makanan, dia mengatakan telah menyampaikan kepada Gubernur SulSel untuk segera menerbitkan Peraturan Daerah (Perda).

Sementara itu Ketua Panitia Sosialisasi, Heria Muhari menyampaikan jika kegiatan itu adalah rangkaian peringatan Hari Ibu Nasional yang ke-90 tingkat Provinsi SulSel. Turut hadir saat itu diantaranya Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin, Endang Surawahadi, Ketua Pimpinan Daerah (PD) Bhayangkari Polda SulSel, Anna Umar Saptono dan Pengurus Pusat Yayasan Kanker Indonesia. Dahri

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan