- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Kapolri Lantik 9 Kapolda dan Kadiv Humas Polri

Jakarta, Pro Legal News – Kapolri Jenderal Idham Azis resmi melantik sembilan kapolda dan sejumlah pejabat penting lainnya. Para Kapolda itu, yakni Kapolda Jateng, Jatim, Sumsel, Banten, Bengkulu, Kalteng, Kepri, Kalsel dan NTB serta sejumlah pejabat penting lainnya.

Acara pelantikan digelar Jumat (8/5) pukul 09.00 WIB secara terbatas mengingat waktu pelaksanaan pelantikan masih dalam masa darurat pendemi virus corona. “Ada 9 kapolda, pejabat utama Mabes Polri, Gubernur Akpol, Kepala STIK/PTIK, dan Kapusdokkes Polri yang mengikuti sertijab,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono dan keteranganya, Jumat (8/5).

Kapolri meminta agar para pejabat yang baru saya dilantik utamanya para kapolda baru segera bertolak ke tempat tugasnya masing-masing untuk langsung bekerja. “Pejabat yang baru saja serah terima jabatan diminta langsung melaksanakan tugas pokoknya masing-masing,” ujar Brigjen Argo

Dijelaskan Kadiv Humas Argo, mutasi pada para perwira tinggi Polri ini murni untuk penyegaran dalam organisasi. Penempatan para personel di jabatan yang baru juga diyakini sesuai dengan kompetensi yang telah dirumuskan dan dirapatkan oleh Wanjakti Polri.

Untuk diketahui pelantikan digelar tepat satu minggu setelah Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan surat telegram nomor ST/1377/V/KEP/2020 tanggal 1 Mei 2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Jabatan Kapolda Jawa Tengah akan diisi oleh Brigjen Ahmad Luthfi yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah. Sementara Irjen Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Tengah diangkat menjadi Kabaintelkam Polri.

Posisi Kapolda Jawa Timur akan dijabat oleh Irjen Mohammad Fadil Imran yang sebelumnya Sahlisosbud Kapolri. Sementara Irjen Luki Hermawan yang sebelumnya Kapolda Jawa Timur akan mengisi posisi Wakalemsiklat Polri.

Kemudian Kapolda Sumatera Selatan akan dijabat oleh Irjen Eko Indra Heri yang sebelumnya menjabat sebagai As SDM Polri. Sementara Irjen Priyo Widyanto yang sebelumnya Kapolda Sumatera Selatan diangkat menjadi Sahlisosbud Kapolri.

Kapolda Banten akan dijabat oleh Irjen Fiandar. Sementara Irjen Agung Sabar Santoso yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Posisi Kapolda Bengkulu akan dijabat oleh Brigjen Teguh Sarwono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Bengkulu. Sementara Irjen Supratman yang sebelumnya Kapolda Bengkulu dimutasi sebagai Analis Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri.

Jabatan Kapolda Kalimantan Tengah akan diisi oleh Brigjen Dedi Prasetyo yang sebelumnya Karobinkar SSDM Polri. Sementara Irjen Ilham Salahudin yang sebelumnya Kapolda Kalimantan Tengah dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.

Selanjutnya pada Surat Telegram Nomor ST/1378/V/KEP/2020, posisi Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) akan diisi oleh Irjen Aris Budiman yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri.

Sementara Irjen Andap Budhi Revianto yang sebelumnya Kapolda Kepri akan mengisi jabatan di Kementerian Hukum dan HAM.

Kapolda Kalimantan Selatan akan diisi oleh Irjen Nico Afinta yang sebelumnya menjabat sebagai Sahlisospol Kapolri. Sementara Irjen Yazid Fanani yang sebelumnya Kapolda Kalimantan Selatan akan menjabat sebagai Ketua STIK Lembdiklat Polri.

Posisi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dijabat oleh Irjen Muhammad Iqbal yang sebelumnya Kadiv Humas Polri. Sementara Irjen Tomsi Tohir yang sebelumnya Kapolda NTB diangkat sebagai Sahlisospol Kapolri.

Sementara di jajaran Divisi Humas Polri, rotasi tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1378/V/KEP/2020 tertanggal Jumat (1/5/2020).

Jabatan Kadiv Humas Polri akan diisi oleh Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri. Sementara Irjen Muhamamad Iqbal yang sebelumnya Kadiv Humas Polri diangkat menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Posisi Karo Penmas Divisi Humas Polri akan dijabat oleh Kombes Awi Setiyono yang sebelumnya Irwasda Polda Jatim. Posisi Irwasda Polda Jatim akan diisi oleh Kombes Sungkono yang sebelumnya Irwasda Polda Maluku.

Sementara dalam Surat Telegram Nomor ST/1383/V/KEP/2020, posisi Kabag Penum Divisi Humas Polri akan diisi oleh Kombes Ahmad Ramadhan yang sebelumnya menjabat Kamneg Baintelkam Polri. Sementara Kombes Asep Adi Saputra yang sebelumnya Kabag Penum Divisi Humas Polri diangkat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK.II Sespim Lemdiklat Polri.Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan