- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Kapolda Kalsel Siap Menegakkan Disiplin Masyarakat Era New Normal 

Irjen Pol Nico Afinta

Kalsel, Pro Legal News – Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta menyatakan siap menegakkan disiplin masyarakat dalam penerapan aktivitas sosial ekonomi pada era kenormalan baru (new normal). Pihaknya sudah koordinasi dengan Danrem setempat dan Sekda Provinsi Kalsel.

Hal itu dikatakan Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta terkait rencana penetapan new normal di wilayah Kalsel. “Saya sudah ketemu Danrem dan komunikasi dengan Pak Sekda membahas new normal, untuk segera diterapkan,” kata Irjen Nico Afinta, Rabu (27/5).

Tahapan utama dari new normal menurut jenderal bintang dua itu adalah penegakan disiplin. Mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yaitu terwujudnya kesadaran pribadi dalam bentuk disiplin.

Dikatakan Irjen Nico, yang perlu dilakukan dulu pemahamannya, baru diwujudkan dengan perilaku. Hal ini harus dilaksanakan oleh setiap orang tanpa terkecuali.

Kata Nico lagi, dalam rangka perwujudan perilaku inilah, TNI dan Polri diminta menegakkan disiplin yaitu protokol kesehatan terkait COVID 19.

Kapolda Nico Afinta meyakini ke depan semua bisa hidup normal dalam suasana berbeda. Apabila masyarakatnya menjalankan prilaku disiplin seperti yang diminta oleh pemerintah dalam konsep new normal.

Salah satunya lanjut Irjen Nico, sekarang masyarakat sudah harus membiasakan menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan. “Pedagang atau toko, wajib menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitaizer. Petugas kasir harus pakai sarung tangan dan tempat duduk diatur jaraknya untuk rumah makan,” papar Irjen Nico.

Landasan yuridis untuk penegakan hukum bagi masyarakat yang melanggar menurut Kapolda Kalsel itu sudah ada. Namun pihaknya tetap mengedepankan tindakan persuasif.

Penegakan hukum pidana adalah tindakan paling terakhir. “Saya sangat senang apabila masyarakatnya mengerti dan menyadari penerapan protokol pencegahan COVID menjadi kewajiban kita semua. Kita minta satu sama lain saling membutuhkan untuk mematuhinya,” imbuhnya.Tommi

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan