- Advertisement -
Pro Legal News ID
Pendidikan

Kakanwil Kemenag DKI Jakarta : Berikan Pelajaran Agama Senyaman Mungkin

Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta Saiful Mujab

Jakarta, Pro Legal News – Generasi muda sekarang cenderung alergi dengan segala sesuatu yang berbau agama. Kondisi itu merupakan tantangan tersendiri bagi Kemenag RI untuk mencipatakan modul-modul pendidikan yang ramah terhadap generasi muda sehingga mereka interest dengan pendidikan yang berbasis agama. Karena agama merupakan pondasi kokoh yang bisa menyelamatkan generasi muda dari perkembangan dan perubahan zaman.

Sebagai langkah untuk semakin menanamkan pendidikan agama adalah memperkuat fungsi intitusi pendidikan keagamaan.  Dalam rangka memperkuat peran pendidikan agama melalui Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat Menengah dan meningkatkan kemampuan kompetensi dan profesionalitas dalam memberdayakan Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Menegah Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta melaui Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) adakan Penguatan Peran Pendidikan Agama Pada Sekolah Tingkat Menengah di Bekasi, Jawa Barat, Rabu(8/8).

Dibuka oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta Saiful Mujab dan didampingi Kepala Bidang Pakis Wahyudin. “Dengan kegiatan ini saya ingin ada suatu pemetaan terkait penguatan pendidikan agama dan langkah-langkah antisipasi untuk kita dapat memberikan informasi kepada anak didik secara kontekstual maupun faktual” tegas Saiful kepada 40 orang peserta dari unsur Guru PAI SMA dan SMK.

Mengingat anak-anak sekarang sudah akrab dengan gadget jangan sampai mereka nyaman dan menjadi kebutuhan pokok dalam mencari informasi keagamaan di dunia maya, tambahnya.

Gedget, dengan berbagai macam jenisnya mulai dari smartphone, tablet, laptop dan sebagainya menjadi tren generasi dari berbagai kalangan usia. Tidak hanya orang dewasa yang memanfaatkannya bahkan anak-anak sekolah dasar pun telah banyak yang mahir dan handal dalam mengoperasikan perangkat terkoneksi dengan internet tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahwa gadget bak pisau bermata dua yang dapat memberi manfaat dan juga berdampak buruk bagi siapapun yang tidak bijak dalam penggunaaanya. Apabila mereka yang kurang pemahaman soal penggunaan internet dapat saja anak-anak tersebut menjadi korban dari kejahatan internet.

Oleh karena itu Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta melalui Bidang Pakis dalam kegiatan Penguatan Peran Pendidikan Agama Pada Sekolah Tingkat Menengah ingin memberikan ilmu pengetahuan kepada para peserta Guru PAI SMA dan SMK agar anak didik seusia SMA ini dapat informasi yang menyeluruh tentang pendidikan agama.“Buat Pelajaran Agama Islam senyaman mungkin dan Pelajaran Agama Islam merupakan suatu kebutuhan siswa, bukan untuk sekedar memenuhi nilai dari mata pelajaran”, ujar Saiful.

Pada akhir arahannya, Ka.Kanwil berpesan kepada seluruh peserta bahwa “saya sudah menunaikan kewajiban saja, tapi mengajarkan agama kepada anak didik harus mempunyai jiwa kemilikan bahwa ini adalah generasi yang harus kita selamatkan, berikan pengajaran agama dari hati yang paling dalam”. Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan