- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Jokowi Larang Kemenhan dan Polri Impor Senjata Sembarangan

Presiden Jokowi saat menjajal senjata canggih buatan Pindad (rep)

Jakarta, Pro Legal– Dalam instruksinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Polri mengimpor senjata.

Saat itu Jokowi  sekaligus menegaskan  jika industri dalam negeri sudah bisa memproduksi senjata. Dia hanya memperbolehkan impor senjata dengan teknologi tinggi, seperti pesawat tempur. “Kalau yang canggih-canggih, silakan. Kalau mau beli pesawat tempur, karena kita belum bisa. Kalau senjata, peluru, kita sudah bisa, apalagi hanya sepatu. Kenapa harus beli dari luar?” ujar Jokowi pada pembukaan Penghargaan P3DN 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/3).

Dalam kesempatan yang sama Jokowi mengkritik kebijakan TNI dan Polri mengimpor seragam prajurit. Dia mengingatkan produsen dalam negeri mampu membuatnya. Jokowi mengkritik kebijakan TNI dan Polri mengimpor seragam prajurit. Dia mengingatkan produsen dalam negeri mampu membuatnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyoroti impor makanan prajurit. Dia akan mengecek informasi soal TNI selalu bekerja sama dengan satu pihak untuk mengadakan makanan prajurit. “Makanan prajurit, saya dapat cerita, dibisiki Pak Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan, ‘Pak Presiden, saya sejak jadi tentara sampai pensiun dan sekarang jadi menteri, penyedia barangnya kok masih sama?,” ujarnya.

Presiden Jokowi menambahkan, “Mestinya semakin banyak penyedia akan semakin baik karena harganya akan kompetitif. Nanti saya cek bener ndak,” ujar Presiden Jokowi. (Tim)

 

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan