- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

Jika Situasi Darurat Saat Mudik, Berikut Daftar Nomor Telepon Penting Yang Bisa Dihubungi

ilustrasi, arus mudik lebaran (rep)

Jakarta, Pro Legal News —  Sudah menjadi tradisi di tanah air, menjelang hari raya Idul Fitri arus pergerakan masyarakat baik yang mudik maupun balik meningkat secara drastis. Secara otomatis potensi terjadinya gangguan seperti kecelakaan hingga kehilangan barang menjadi  meningkat.

Maka sebelum mudik Anda seharusnya sudah mempersiapkan berbagai hal, termasuk jangan lupa mencatat nomor telepon penting untuk kondisi darurat.
Persiapan mudik untuk Lebaran 2022 di kampung halaman yang tinggal menghitung hari sebetulnya bukan cuma soal mengemas barang dan mengecek kondisi mobil pribadi yang hendak digunakan.

Untuk mendukung kelancaran mudik, Anda seharusnya tahu mesti menghubungi siapa dalam berbagai macam situasi. Ini bukan hanya untuk Anda tetapi juga bisa digunakan buat menolong orang lain yang mengalami kendala darurat sehingga butuh pertolongan cepat.

Berikut sejumlah nomor yang wajib diketahui saat mudik.

Jasa Marga 14080
BBM Pertamina 135
Kepolisian 110
Pemadam Kebakaran 113
Basarnas 115
Ambulans/ Kemenkes 119
BNPB 117
PUPR 158
Kemenhub 151
Polresta Bandara Soeta 0811-9909-110

Tetapi yang perlu dipahami nomor ini biasanya akan terhubung ke operator masing-masing instansi tersebut. Dari sana biasanya operator bakal meneruskan permintaan kepada petugas lapangan terdekat untuk segera menanggulangi keluhan masyarakat secara cepat. “Daftar nomor penting yang perlu kawan simpan dalam keadaan darurat,” tulis Polda Metro Jaya dalam postingan Instagram, dikutip Senin (25/4).

Berdasarkan catatan hingga Minggu (24/4) masyarakat mulai bergerak meninggalkan Jabodetabek menggunakan berbagai moda transportasi mulai kereta, pesawat, hingga angkutan darat.

Jasa Marga mencatat sebanyak 312.755 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-10 sampai dengan H-9 Lebaran atau periode Jumat (22/4) dan Sabtu (23/4).

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan