- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Idul Fitri Hampir Bisa Dipastikan Jatuh Pada 10 April 2024

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhajir Effendy (rep)

Jakarta, Pro Legal-Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Hari Raya Idul Fitri hampir bisa dipastikan jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Jika ini terjadi, lebaran pemerintah dengan ormas Muhammaidiyah akan bersamaan. Muhammadiyah sebelumnya sudah menetapkan Idul Fitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024. “Kemudian Idul Fitri hampir bisa dipastikan jatuh tanggal 10 April 2024,” ujar Muhadjir usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, Senin (25/3).

Selain itu diprediksikan puncak arus mudik bakal terjadi pada 5-8 April dan puncak arus balik terjadi pada 13-16 April. “Jumlah pemudik berdasar hasil survei diprediksi sekitar 193 juta, atau kenaikan 50 persen dibanding mudik tahun lalu,” ujarnya.
Sementara Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengungkapkan  jika pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah kemungkinan besar serempak antara pemerintah dengan Muhammadiyah. “Untuk Idulfitri dari hasil kajian dan pengumpulan informasi sama untuk yang Idulfitri. Jadi kemungkinan berbeda itu tipis,” ujar Haedar, Kamis (21/3).

Akan tetapi, lebih penting bagi Haedar untuk tak memandang beda atau sama waktu pelaksanaan lebaran itu. Melainkan, fokus menjadikan ibadah puasa dan Hari Raya Idulfitri untuk mencerahkan serta mematangkan pribadi atau perilaku masing-masing.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan