- Advertisement -
Pro Legal News ID
Tipikor

ICW Menyebut Setiap Tahun 350 an PNS Terlibat Korupsi

Ilustrasi

Jakarta, Pro Legal News – Setiap tahun rata rata 350 Pegawai Negeri Sipil (PNS) terjerat kasus dugaan korupsi. Para PNS itu kebanyakan berasal dari Kementerian Perhubungan dan Pemprov DKI.

Hal ini sesuai data yang dirilis Indonesia Coruption Watch (ICW). “Dari tahun 2010 sampai 2018 kami melihat bahwa bukan terjadi kenaikan, tapi PNS jadi aktor yang paling banyak terjerat kasus korupsi. Rata rata setiap tahun sekitar 350 orang,” kata Staf Investigasi ICW, Wana Alamsyah kepada wartawan di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (20/2).

ICW berdasarkan data BKN mencatat trend korupsi PNS banyak terjadi di lingkungan Kementerian khususnya di Kementerian Perhubungan. Sementara untuk di Pemerintahan provinsi, PNS Pemprov DKI Jakarta paling banyak terlibat kasus korupsi.

Jumlah ini sesuai data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Disebutkan Kalau di kementrian, paling banyak di Perhubungan, sedang  daerah paling banyak DKI Jakarta. “Kami tidak ingat untuk kabupaten/ kota, tidak ada info mengenai sektor,” ujar Alamsyah.

Menurut Alamsyah, ICW menyoroti kasus PNS yang korupsi. Trennya selain marak, menurur ICW kondisi yang memprihatinkan PNS yang seharusnya melayani justru korupsi. “Seharusnya PNS menjadi melayani publik, malah mereka mencoba melakukan korupsi,” tutur Alamsyah.

Terkait pelaporan PNS koruptor oleh ICW kepada BPK hari Rabu (20/2), PLH Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Badan Pemeriksa Keuangan, Rati Dewi Puspita Purba mengatakan akan menindak lanjuti dengan menganalisa laporan tersebut.  BPK akan koordinasi dengan lembaga lembaga terkait.

Pihaknya harus membaca dulu menganalisis dulu isinya, nanti sesuai kewenangan BPK akan kami proses. “Tidak menutup kemungkinan kita melakukan koordinasi dengan Kementrian, lembaga dan instansi terkait,” ucap Rati. Tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan