- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Demokrasi Harus Dijaga Dan Diperkuat

Alex A Putra saat lakukan proses pencoblosan Pemilu 2024 (ist)

Jakarta, Pro Legal– Pesta demokrasi telah selesai. Pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah terlaksana dengan sukses pada tanggal 14 Februari 2024. Tingkat partisipasi masyarakat tergolong tinggi, menunjukkan antusiasme rakyat dalam menentukan pemimpin dan wakil rakyat mereka.

Demokrasi adalah sebuah perjalanan yang panjang dan berkelanjutan. Memberikan hak suara adalah langkah awal yang penting, tetapi masih banyak yang harus dilakukan untuk mewujudkan demokrasi yang ideal. Jadi perlu langkah bersama untuk menjaga dan memperkuat demokrasi di Indonesia.

Hasil pemilu menunjukkan beberapa hal menarik:

Persaingan suara antara pasangan calon presiden dan wakil presiden, sangat jauh selisih suara signifikan di beberapa daerah. Munculnya partai politik baru yang yang belum mampu berhasil meraih kursi di parlemen.

Saat ini, KPU sedang dalam proses rekapitulasi suara. Menurut Pasal 413 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ada aturan pengumuman hasil Pemilu 2024. Meliputi:

  1. KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara pasangan calon, perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR, dan perolehan suara untuk calon anggota DPD, paling lambat 35 hari setelah pemungutan suara.
  2. KPU Provinsi menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPD provinsi paling lambat 25 hari setelah pemungutan suara.
  3. KPU Kabupaten/Kota menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD kabupaten/kota paling lambat 20 hari setelah hari pemungutan suara.

Jadi, jika merujuk peraturan tersebut, kemungkinan hasil akhirnya baru bisa diketahui sekitar satu bulan ke depan.

Pasca pemilu, penting bagi semua pihak untuk menjaga kondusifitas dan menerima hasil dengan lapang dada. Kita harus mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, demi kelancaran proses demokrasi selanjutnya.

Menurut anggota lembaga kajian startegi Prabowonomic, Alex Adam Putra ada beberapa hal yang dapat dilakukan setelah pesta demokrasi, ”Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjaga dan memperkuat demokrasi adalah, menerima hasil pemilu dengan lapang dada. Mengawasi proses rekapitulasi suara dengan seksama. Menjaga kondusifitas dan menghindari perpecahan. Memberikan kesempatan kepada pemimpin dan wakil rakyat terpilih untuk menjalankan tugasnya. Terus berpartisipasi dalam demokrasi dengan aktif. Mari kita bersama-sama menjaga demokrasi di Indonesia agar semakin kuat dan matang,” ujarnya.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan