- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

Data Negara Dipastikan Aman dari Kebakaran Gedung Cyber 1

Gedung Cyber alami kebakaran, Kamis (1/12) (rep)

Jakarta, Pro Legal News– Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan tak ada data data pemerintah yang menjadi korban dalam insiden kebakaran di Gedung Cyber 1, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (2/12).

Riza,  menuturkan jika Gedung Cyber memang menyimpan sejumlah data penting, baik milik swasta maupun pemerintah. Namun, kebakaran di lantai 2 gedung tersebut kata dia tak berdampak pada data milik negara. “Alhamdulillah di lantai 2 ini tidak ada data-data pemerintah. Memang di gedung ini ada, tapi alhamdulilah yang terbakar tidak ada,” ujarnya saat meninjau lokasi kebakaran, Kamis (2/12) malam.
Menurut Riza, kebakaran memang merusak sejumlah data server milik swasta. Namun, hal itu saat ini telah ditangani dan bisa dikendalikan. Riza juga mengatakan  jika Gedung Cyber termasuk salah satu bangunan penting di kawasan DKI. Sebab, gedung tersebut menyimpang data dalam bentuk server milik pemerintah maupun swasta. “Tapi alhamdulilah di lantai 2 yang terbakar memang tak ada api yang luar biasa, tapi asapnya yang luar biasa,”  jelasnya.

Dalam kesempatan itu Riza juga menyampaikan duka cita kepada dua korban yang meninggal diduga karena terlalu banyak menghirup asap. Korban meninggal adalah seorang teknisi dan tamu. Dia belum bisa memastikan penyebab pasti kebakaran. Menurut  Riza, saat ini Tim tengah memastikan penyebab kebakaran dari dugaan sementara karena korsleting listrik.

Akibat kebakaran itu menurut Riza, pihaknya akan mengevaluasi keamanan gedung di kawasan ibu kota negara RI itu. “Sedang dilihat, diteliti, diproses, pada waktunya nanti akan kita sampaikan apa yang menjadi penyebab kebakaran,” kata dia.

Seperti diketahui, kebakaran di Gedung Cyber, Jalan Kuningan Barat Raya No.8 RT.1/RW.3, Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, terjadi pada Kamis (2/12) siang. Kebakaran menewaskan satu orang di lokasi dan sisanya saat menjalani perawatan di rumah sakit.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan