- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Cek Penanganan Banjir, Presiden Kunjungi Kalsel

Jakarta, Prolegalnews – Banjir bandang melanda sejumlah kabupaten di Kalimantan Selatan. Maka Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (18/1/2021), akan bertolak ke Kalimantan Selatan dalam rangka kunjungan kerja. Kepala negara akan meninjau bencana banjir di wilayah tersebut.

Agenda Presiden Jokowi itu telah dibenarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Saat dikonfirmasi, Heru mengatakan kehadiran Jokowi untuk memastikan penanganan bencana berjalan lancar. “Agar sarana yang terkena dampak, agar PU [Kementerian PUPR] bisa segera tindak lanjut,” ujar Heru.

Rencananya Presiden Jokowi, ingin memastikan bantuan yang telah disalurkan pemerintah sampai di tangan masyarakat yang terdampak. Selain itu, kehadiran Jokowi juga sekaligus ingin mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan warga yang terdampak.”Kebutuhan lain yang diperlukan warga, bapak Presiden akan memperhatikan,” jelas Heru.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), total korban meninggal akibat banjir yang terjadi di 10 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan mencapai 15 orang, di mana sebanyak 39.549 warga terpaksa mengungsi.

Jokowi sendiri sebelumnya mengaku sudah berbicara dengan Gubernur Kalimantan Selatan untuk mendengarkan langsung laporan banjir. Jokowi, pun telah bergerak cepat mengutus jajarannya.”Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirim bantuan seperti perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di daerah itu,” katanya seperti dikutip akun Instagramnya.(Alex)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan