- Advertisement -
Pro Legal News ID
Ibukota

Bukti Polisi Tidak Ada Beban dan Bertanggung Jawab

Jakarta, Pro Legal News – Kapolri tunjukkan tajinya dan membuktikan komitmennya untuk bersih – bersih dan bertanggung jawab pada masyarakat. Serangan potret buruk ke wajah penegakan hukum beberapa waktu lalu oleh orang – orang tertentu begitu cepat direspon polisi dengan keberhasilan dalam hitungan hari menangkap kembali buron Joko Tjandra yang sempat buat jadi geger di publik. Hal itu dikemukakan oleh pakar hukum pidana, Dr Azmi Syahputra SH MH.

“Bravo polisi, bravo Mabes Polri artinya kalau Polisi , dan para penegak hukum , dan stake holder lembaga negara terkait mau, siapapun pelaku buron bisa kok dicari dan ditangkap,” ujarnya.

“Ini sudah clear, sikap polisi, selain berhasil menangkap buron telah pula memproses oknum jendral yang bermasalah dengan proses hukum termasuk pengacara Joko Tjandra termasuk siapapun yang terlibat dalam ikut serta dalam membantu permufakatan kejahatan pembuatan surat jalan palsu tersebut,” tambah Ketua Alpha ini.

“Sikap tegas dan clear polisi seperti ini yang diperlukan dan harus terus dipantulkan agar dalam setiap pelaksanaan tugas, polisi harus menjaga kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri,” tandas Alumni Universitas Padjadjaran ini.

Diketahui bersama sudah terbukti bahwa lembaga penegak hukum punya kemampuan menangkap hanya perlu disinergikan saja satu frekuensi, tidak boleh ada “penghianatan” tapi terus terang kadang masalah keegoan sektoral dan kepentingan subjektif masih jadi hambatan untuk saling sinergis.

“Kedepan pemerintah dalam programnya mesti menempatkan masalah pembangunan hukum dan pendidikan di urutan prioritas, karena keduanya penting, sehingga tidak boleh ada yang dikesampingkan. Kalimatnya menjadi hukum dan pendidikan jadi pilar pilar penting dalam membangun masyarakat yang adil dan cerdas,” urai Kaprodi Fakultas Hukum UBK ini.

Karena dengan kualitas penegakan hukum yang sinergis dan pendidikan akan mempercepat mendorong kesadaran masyarakat untuk bergerak maju mewujudkan tujuan nasional.(Dini)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan