- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Budaya Literasi Hadir Untuk Mencerdaskan Masyarakat

Jakarta, Prolegalnews – Delegasi dari Komisi I DPRD Kab, Tabalong dan Sekretariat DPRD Kab. Tabalong melakukan kunjungan kerja ke Gedung Layanan Perpustakaan Nasional RI yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta pada Jumat (11/12). Kunjungan kerja tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Tabalong, Jurni, dan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando di Ruang Rapat Pimpinan Lt.5. Tujuan dari kunjungan kerja tersebut adalah untuk mendapatkan insight yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan perpustakaan daerah Kab. Tabalong.

“Eksistensi perpustakaan daerah di banyak wilayah sampai saat ini masih seperti ada dan tiada, terutama untuk daearah dengan APBD terbatas. Untuk itu, kami berharap bisa mendapatkan pengetahuan lebih jauh guna mengembangkan perpustakaan daerah Kab. Tabalong agar lebih berperan dalam membentuk kualitas masyarakatnya,” ungkap Jurni.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, memberikan apresiasi yang sangat tinggi akan tujuan yang telah disampaikan. Menurutnya, perpustakaan di abad 21 ini bukan lagi tentang mengumpulkan koleksi melainkan knowledge transfer. Perpustakaan adalah panggung untuk memperbaiki kualitas masyarakat sebuah negara karena membaca menjadi pondasi untuk membangun peradaban bangsa.“Tidak mungkin ada beragam produk canggih bisa dipersembahkan di atas muka bumi tanpa didahului oleh orang-orang pembaca dan teliti, maka iqra menjadi pondasi. Perpustakaan harus hadir untuk mendampingi masyarakat menjadi cerdas dengan jutaan pengetahuan yang ada di dalamnya,” tegas Syarif Bando.

Pada kesempatan yang sama, di akhir acara, Kepala Perpustakaan Nasional RI menyerahkan secara simbolis sebuah unit mobil perpustakaan keliling kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Kalimantan Selatan, Nurliani, yang turut hadir pada kunjungan kerja tersebut.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan