- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

Ada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan di Jabar, BMKG Himbau Warga Untuk Waspada

Peta wilayah Provinsi Jawa Barat (rep)

Jakarta, Pro Legal News– Perubahan cuaca secara ekstrem sering terjadi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor mengabarkan prospek cuaca ekstrem di wilayah Jawa Barat untuk satu minggu ke depan. “Kami imbau untuk tetap selalu waspada, pada musim peralihan ini biasanya cuaca ekstrim lebih bersifat lokal (tidak merata pada suatu Kabupaten/Kota),” himbau  BMKG  Stasiun Klimatologi Bogor melalui akun Instagramnya, Senin (30/5).

Menurut BMKG, terdapat 11 daerah Kabupaten dan Kota yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Senin (30/5) hari ini, yakni Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar.

Selanjutnya pada Selasa (31/5) Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Subang disebutkan punya potensi cuca ekstrem.

Kemudian pada Rabu (1/6) daerah yang disebutkan mengalami cuaca ekstrem ialah Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Subang.

Sementara tercatat cakupan daerah paling banyak mengalami cuaca ekstrem terjadi pada Kamis (2/6) yakni Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Subang.

Dilanjutkan dengan daerah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Indramayu yang dikatakan mengalami cuaca ekstrem pada Jumat (3/6).

Cakupan daerah yang mengalami cuaca ekstrem mengalami penurunan di akhir pekan. Pada Sabtu (4/5), tercatat hanya Kabupaten Bogor dan Kota Depok yang akan mengalami cuaca ekstrem.

Sedangkan pada Minggu (5/6), Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang menjadi daerah yang disebutkan mengalami cuaca ekstrem.(Tim)

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan