- Advertisement -
Pro Legal News ID
Hukum

4 Mantan Anggota DPRD Sumut Terancam Ditahan KPK

Jakarta Pro Legal News – Empat mantan anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) tersangka kasus dugaan suap mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. Dalam kasus suap ini KPK telah menetapkan 38 anggota DPRD Sumut priode 2009-2014 dan priode 2014-2019.

Keempat yang dipanggil dan kemungkinan akan ditahan KPK masing-masing, Restu Kurniawan Sarumaha, Washington Pane, John Hugo Silalah dan Ferry Suando Tanuray Kaban. “Keempatnya dipanggil sebagai tersangka,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Jakarta, Selasa (14/8).

Dari 38 orang mantan anggita DPRD Sumut ini 12 diantaranya telah ditahan penyidik KPK. Ke 12 tersangka yang kini mendekan dalam sel yakni, Fadly Nurzal, Rijal Sirait, Rooslynda Marpaung, Rinawati Sianturi, Sonny Firdaus, Muslim Simbolon, Helmiati, Mustofawiyah, Tiaisah Ritonga, Arifin Nainggolan, Elezaro Duha dan Tahan Manahan Panggabean.

Hasil penyelidikan yang dilakukan KPK diketahui para tersangka menerima uang suap dari mabta Gubernur Sumut Gatot Pujo sebesar Rp 300 hingga Rp 350 juta per orang. Uang suap ini diduga terkait persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemprov Sumut 2012-2014 untuk persetujuan perubahan APBD Pemprov Sumut 2013 dan 2014.

Uang dugaan suap ini dusebutkan juga terkait pengesahan APBD Pemprov Sumut 2013 dan 2014. Uang itu juga disebutkan untuk penolakan penggunaan hak interpelasi DPRD Sumut tahun 2015.

Setelah kasus suap itu terungkap sejumlah tersangka ramai nebgembalikan uang yang mereka terima sebelumnya. KPK menerima uang pengembalian Jumlah uang yang dikembalikan sebesar Rp 5,47 miliar yang kini disita sebagai barang bukti. tim

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan